Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Cara melihat Cahaya Utara dari Kamis hingga Jumat.  – NBC Boston

Cara melihat Cahaya Utara dari Kamis hingga Jumat. – NBC Boston

Cahaya utara, yang secara ilmiah disebut aurora borealis, adalah pemandangan yang memukau di langit malam dan dapat terlihat sepanjang malam di beberapa bagian New England.

Dipicu oleh badai matahari, tampilan warna-warni ini disebabkan oleh interaksi antara partikel bermuatan yang dipancarkan Matahari dan atmosfer bumi, terutama oksigen dan nitrogen.

Sebelum fajar pada hari Jumat, New England akan berayun saat melihat lampu. Cahaya ini akan terlihat di garis lintang paling utara pada Kamis malam, namun puncak cahayanya akan terlihat di garis lintang tengah antara tengah malam hingga jam 4 pagi pada hari Jumat.

Lampu akan menyala Kamis malam pada kekuatan badai geomagnetik sedang Kp6 atau G2, dan akan meningkat menjadi kekuatan badai geomagnetik kuat K7 atau G3 setelah tengah malam. Meskipun akan ada sedikit awan, namun hal ini tidak menghalangi Anda untuk melihat cahaya, karena awannya belum terlalu tebal.

Grafik yang menunjukkan seberapa jauh cahaya utara terlihat di Amerika Serikat tergantung pada kekuatan badai geomagnetik. Semalam dari Kamis, 30 November 2023 hingga Jumat, 1 Desember 2023, badai kuat mungkin mematikan lampu di beberapa bagian New England, mungkin sampai ke selatan Massachusetts.

Jika menurut Anda cahaya utara lebih terlihat di New England akhir-akhir ini, Anda benar!

Memahami siklus matahari sangat penting untuk mempelajari aurora borealis. Matahari, orbit besar berisi gas-gas yang terbakar, bertindak dan bereaksi dalam siklus 11 hingga 15 tahun. Ini dimulai dan diakhiri dengan aktivitas rendah dan mencapai puncaknya di tengah-tengah, saat permukaan Matahari paling aktif.

Selama fase aktif, yang ditandai dengan meningkatnya bintik matahari, perbedaan suhu antara bintik matahari yang sejuk dan permukaan Matahari yang berapi-api memicu interaksi seperti jilatan api matahari dan badai geomagnetik agar Matahari dapat menjaga keseimbangan, atau suhu yang setara, di sepanjang permukaan. Peristiwa ini menghasilkan angin matahari yang lebih kuat yang mendorong ion-ion bermuatan menuju Bumi.

Sebuah gambar yang menunjukkan bagaimana sinar matahari menghasilkan cahaya utara.

Saat mencapai Bumi, magnetosfer melindungi planet ini dari sebagian besar partikel bermuatan, kecuali partikel yang berada di dekat kutub. Ketika ion-ion matahari ini masuk ke dekat kutub dan berinteraksi dengan gas atmosfer, mereka memancarkan cahaya berwarna, menciptakan cahaya utara.

READ  Eksperimen laser 50 meter mencetak rekor di koridor universitas
Sebuah gambar yang menunjukkan bagaimana sinar matahari menghasilkan cahaya utara.

Semakin kuat angin matahari, semakin cerah warnanya, dan semakin jauh ke selatan (di Belahan Bumi Utara) cahayanya semakin meluas.

Matahari saat ini mendekati aktivitas maksimumnya. Pertengahan tahun 2024 diperkirakan menjadi puncak aktivitas pada siklus saat ini.

Jadi ya, kita melihat peningkatan aktivitas aurora. Khususnya, pada bulan April 2023, badai geomagnetik yang kuat membawa aurora yang terlihat ke Amerika Serikat bagian tengah-selatan, sebuah peristiwa yang jarang terjadi namun bukannya belum pernah terjadi sebelumnya. Secara historis, cahaya utara muncul hingga ke selatan Honolulu, pada akhir tahun 1800-an.

Bloomington, Indiana, Amerika Serikat – 24/04/2023: Aurora Borealis (Northern Lights) dapat dilihat dari North Bottom Road di Bloomington, Indiana. (Foto oleh Jeremy Hogan/SOPA Images/LightRocket melalui Getty Images)

Badai matahari telah menyebabkan aurora borealis di setidaknya 30 negara bagian.

Saat kita mendekati puncak siklus matahari saat ini, diperkirakan akan terjadi peningkatan aktivitas aurora hingga tahun 2025. Pemandangan terbaik adalah pada bulan September hingga Maret setelah peningkatan aktivitas geomagnetik.

Jangan percaya ramalan geomagnetik tujuh hari, ini lebih merupakan jenis hari “nowcast”.

Bagian utara Amerika Serikat memiliki warna paling cerah, termasuk Maine, Vermont, dan New Hampshire. Pastikan untuk menonton di bawah langit gelap dengan sedikit cahaya bulan.

Setelah tahun 2025, solar maksimum berikutnya akan terjadi antara tahun 2036 dan 2041.

Cahaya utara, juga disebut aurora borealis, adalah gelombang cahaya bergerak yang terlihat di langit malam.