Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Dua kasus Omicron di Karnataka: satu adalah dokter lokal tanpa riwayat perjalanan, yang lain seorang Afrika Selatan

Seorang Afrika Selatan berusia 66 tahun, yang tiba di Bengaluru melalui Dubai bulan lalu, dan seorang dokter berusia 46 tahun di sebuah rumah sakit swasta di kota itu, tanpa riwayat perjalanan, adalah dua kasus pertama Omikron untuk ditemukan di India.

Para pejabat mengatakan keduanya telah divaksinasi sepenuhnya sebelum mereka hanya memiliki gejala ringan. Namun kehadiran Omicron pada seseorang yang tidak memiliki riwayat perjalanan telah membuat para pejabat dan ahli memperingatkan “potensi kehadiran” varian baru antara lain di Bengaluru.

“Jika tidak ada riwayat perjalanan, kita harus mempertimbangkan potensi kehadirannya di masyarakat. Mungkin riwayat perjalanan perlu ditinjau kembali,” kata Dr. C. Nagaraj, direktur Rajiv Gandhi Thoracic Institute yang dikelola negara. Ekspres India.

Mengacu pada dua kasus Omicron, para pejabat mengatakan pria berusia 66 tahun itu kembali ke Afrika Selatan melalui Dubai pada 27 November setelah dites negatif di Bengaluru, tetapi tidak satu pun dari 24 orang dari kontak primer dan 240 sekundernya dinyatakan positif. Dikatakannya, dari 218 kontak dokter tersebut, tiga kontak primer dan dua kontak sekunder dinyatakan positif.

Menghubungkan penemuan Omicron dengan “pengujian yang kuat,” Menteri Kesehatan Karnataka Dr K Sudhakar mengatakan: “Satu orang, berusia 66 tahun yang datang dari Afrika Selatan pada 20 November, tidak memiliki gejala, dites positif setelah mendapatkan sampelnya di bandara. di hotel pribadi. Dia dites negatif pada 23 November (dan) kembali ke Afrika Selatan pada 27 November.”

Mengacu pada sampel kedua, Sudhakar mengatakan: “Dia bergejala dan mengalami demam. Dia dinyatakan positif pada 22 November dan mengisolasi dirinya sendiri. Ketika dia menemukan bahwa ambang siklusnya (nilai CT) rendah (sehingga viral load tinggi), sampelnya dikirim untuk pengurutan genom pada 24 November.”

READ  Bank terbesar di Dubai memberi karyawan kenaikan gaji inflasi

“Dokter dan lima kontaknya, yang dites positif terkena virus, telah diisolasi di rumah sakit pemerintah, dan pemantauan khusus sedang dipertahankan.” Sejauh ini, tidak ada yang mengalami komplikasi atau keseriusan. Gejalanya ringan … saat berhadapan dengan variabel deltaAda banyak masalah yang terkait dengan paru-paru tetapi kami belum melihatnya dalam kasus ini.

Sementara itu, Ketua Menteri Basavaraj Bhumi, berbicara kepada wartawan di Delhi setelah bertemu dengan Menteri Kesehatan Federal Mansukh Mandavia, mengatakan: “Kami menguji semua penumpang dari negara-negara berisiko tinggi sesuai protokol. Saat menguji, salah satu jenisnya sedikit berbeda. ..Kemudian kami mengirimkan sampel mereka untuk pengurutan genetik lengkap ke NCBS (National Center for Biological Sciences).

Di Bengaluru, “Fakta bahwa salah satu pasien adalah warga lokal berarti harus berhati-hati,” kata Gaurav Gupta, komisaris BBMP, badan sipil kota itu.

“Ini berarti virus mungkin juga ada pada orang lain. Protokol pengobatan untuk varian baru tetap sama untuk varian lama. Sangat sedikit yang diketahui tentang varian tersebut. Kami tidak memiliki pedoman. Kedua orang yang terdeteksi dengan varian baru memiliki telah divaksinasi,” kata Gupta. Dua kali… Pasien dari Bengaluru, yang mengalami gejala, secara klinis stabil dan tidak memiliki komplikasi.

Menurut pejabat itu, keputusan dibuat untuk mengirim sampel dari semua orang dengan nilai CT rendah untuk pengurutan genom karena hasilnya sekarang tersedia dalam waktu seminggu, bukan beberapa minggu.

Dr MK Sudarshan, pensiunan profesor kesehatan masyarakat yang mengepalai komite penasihat teknis tentang Covid di pemerintah negara bagian Karnataka, mengatakan mereka mendapat petunjuk pada pertemuan ahli pada hari Selasa untuk mendeteksi varian Omicron. “Kami tidak memiliki pedoman khusus untuk merawat pasien dengan tipe baru. Tidak ada protokol terpisah, sama dengan varian delta.”

READ  Anil Mishra mengambil alih sebagai General Manager, South Eastern Railway

Awal pekan ini, Menteri Sudakar mengatakan negara itu telah berusaha untuk mengklarifikasi varian yang terdeteksi pada pelancong Afrika Selatan dan itu berbeda dari varian delta yang telah lazim di India sejak dimulainya gelombang kedua Covid.