Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Gempa Jepang: Pencarian korban selamat memasuki hari keempat dan jumlah korban bertambah menjadi 73 |  berita Dunia

Gempa Jepang: Pencarian korban selamat memasuki hari keempat dan jumlah korban bertambah menjadi 73 | berita Dunia

Korban tewas akibat serangkaian gempa bumi dahsyat yang melanda Jepang pada Tahun Baru bertambah menjadi 73 orang pada hari ini, Kamis, sementara pencarian korban selamat di bawah bangunan yang runtuh berlanjut hingga hari keempat.

Reaksi seorang pria yang kehilangan rumahnya akibat gempa saat mengunjungi makam orang tuanya yang diguncang gempa di Wajima, Jepang pada 4 Januari 2024. (Reuters)

Gempa tersebut, termasuk gempa berkekuatan 7,5 skala Richter, mengguncang Semenanjung Noto di tengah Prefektur Ishikawa, menyebabkan bangunan runtuh dan mengirimkan peringatan tsunami hingga ke Rusia bagian timur.

Tutup tahun lalu dan bersiaplah untuk tahun 2024 dengan HT! klik disini

Semua kematian dilaporkan di Prefektur Ishikawa, lokasi Semenanjung Noto yang paling parah terkena dampaknya. Reuters melaporkan, mengutip pemerintah setempat, lebih dari 33.000 orang mengungsi dari rumah mereka, dan pasokan air ke sekitar 100.000 rumah terputus. Lebih dari 300 orang terluka, sedikitnya 25 di antaranya dalam kondisi serius.

Orang-orang berjalan melalui pasar rusak yang terbakar pasca gempa bumi yang melanda Wajima, Prefektur Ishikawa, Jepang, pada 2 Januari. (AP)
Tutup tahun lalu dan bersiaplah untuk tahun 2024 dengan HT! klik disini

Pada hari Kamis, ribuan penyelamat berpacu dengan waktu untuk membebaskan lebih banyak orang yang masih terjebak di bawah reruntuhan di tengah suhu yang sangat dingin dan hujan lebat. Ahli meteorologi memperingatkan akan terjadinya hujan lebat di Ishikawa, yang menyebabkan kekhawatiran akan tanah longsor dan lebih banyak kerusakan pada rumah-rumah yang setengah runtuh.

Tingkat kerusakan dan korban jiwa masih belum jelas bahkan tiga hari setelah gempa tersebut, yang merupakan gempa paling mematikan di Jepang setidaknya sejak tahun 2016. Jalan yang diblokir dan lokasi terpencil di daerah yang paling terkena dampak telah mempersulit operasi bantuan di negara kepulauan tersebut.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan pada hari Rabu bahwa pemerintah telah membuka jalur laut untuk mengirimkan bantuan dan beberapa truk yang lebih besar kini dapat menjangkau beberapa daerah terpencil.

READ  Kandidat oposisi Wakil Presiden Margaret Alpha akan mempresentasikan makalah pencalonannya pada hari Selasa

“Sudah lebih dari 40 jam. Ini berpacu dengan waktu, dan saya merasa kita berada pada momen kritis,” kata Kishida kepada wartawan, menurut Associated Press. “Kami menerima laporan bahwa banyak orang masih menunggu. untuk penyelamatan di bawah bangunan yang runtuh.”

Puing-puing menumpuk di sepanjang Jalan Asaichi-dori, yang terbakar akibat gempa bumi, di Wajima, Jepang, 4 Januari 2024. (Reuters)

Sementara itu, Gubernur Ishikawa Hiroshi Hase mendorong semua orang untuk menggunakan masker, disinfektan, dan sabun untuk melindungi diri dari penyebaran penyakit menular saat para pengungsi berlindung bersama.

“Memastikan pasokan air dan jamban yang memadai bagi para pengungsi adalah prioritas,” katanya, menurut Associated Press.

Jepang mengalami ratusan gempa bumi setiap tahunnya, sebagian besar tidak menimbulkan kerusakan apa pun. Negara kepulauan ini dilanda gempa bawah laut berkekuatan 9,0 skala Richter di lepas pantai timur laut Jepang pada tahun 2011, yang menyebabkan tsunami yang menyebabkan sekitar 18.500 orang tewas atau hilang.

Buka dunia manfaat dengan HT! Dari buletin yang bermanfaat hingga peringatan berita real-time dan feed berita yang dipersonalisasi – semuanya ada di sini, hanya dengan sekali klik! – Masuk sekarang! Dapatkan berita dunia terkini serta berita terkini dari India di Hindustan Times.