Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Gerakan PTI mendapat pukulan telak ketika Mianwali menolak surat pencalonan Imran Khan dari Lahore

Gerakan PTI mendapat pukulan telak ketika Mianwali menolak surat pencalonan Imran Khan dari Lahore

“Pendiri gerakan PTI telah dihukum,” kata petugas yang kembali dari daerah pemilihan NA-122.

Mantan Perdana Menteri Imran Khan berbicara dengan Reuters selama wawancara di Lahore pada 17 Maret 2023. – Reuters

LAHORE: Dokumen nominasi pendiri Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) Imran Khan untuk daerah pemilihan Majelis Nasional di ibu kota Punjab dan kampung halamannya di Mianwali telah ditolak, pejabat Komisi Pemilihan Umum Provinsi mengkonfirmasi pada hari Sabtu.

Mantan perdana menteri tersebut telah mengajukan surat pencalonannya dari NA-112 di Lahore dan NA-89 di daerah pemilihan Mianwali menjelang pemilu berikutnya yang dijadwalkan digelar pada 8 Februari 2024.

Perkembangan ini merupakan pukulan besar bagi partai yang kepemimpinannya menghadapi banyak masalah – terutama terkait dengan kerusuhan 9 Mei – dengan para pemimpin senior, termasuk Wakil Presiden Shah Mehmood Qureshi dan lainnya, berada di balik jeruji besi.

“Pendiri PTI dinyatakan bersalah,” kata Returning Officer (RO) yang bertugas memeriksa berkas pencalonan daerah pemilihan NA-122, menjelaskan dasar keputusan tersebut, yang merupakan pukulan telak bagi PTI menjelang pemilu.

Keberatan yang diajukan oleh Mian Naseer dari Liga Muslim Pakistan-Nawaz menunjukkan bahwa Khan didiskualifikasi selama lima tahun dalam kasus Toshakhana karena badan pemilu memutuskan dia bersalah atas praktik korupsi berdasarkan Pasal 167 Undang-Undang Pemilu 2017.

“Usulan pendiri PTI dan mitranya bukan milik NA-112,” tambah keberatan tersebut.

Secara terpisah, surat pencalonan Khan dari kubunya di Mianwali, daerah pemilihan tempat ia menang dalam pemilu sebelumnya, dari daerah pemilihan NA-89 juga ditolak karena keberatan tersebut.

Selain itu, Komisi Eropa juga menolak surat nominasi Wakil Presiden PTI Qureshi dari NA-150 di Multan, PP-218 dan NA-214 di Tharparkar.

Sementara itu, surat nominasi mantan menteri federal dan pemimpin PTI Hammad Azhar telah ditolak dalam PP-172.


Lainnya untuk diikuti…

READ  Inggris membuat tentara waspada saat pompa bahan bakar habis | berita Dunia