Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Greta Thunberg: Setahun untuk Mengubah Dunia: Lebih banyak sains, lebih sedikit remaja Swedia

mempertimbangkan kembali: “Orang-orang mengatakan banyak hal tentang saya—bahwa saya nakal, idiot. Tapi, untuk alasan yang tidak saya mengerti, semua orang mendengarkan ketika saya berbicara. Saya tidak ingin itu, saya ingin Anda mendengarkan. ilmu.”

Ya, dokumenter BBC tiga bagian ini mungkin disebut Greta Thunberg: Setahun Mengubah Dunia, Tapi itu bukan pertunjukan telanjang atau pandangan intim tentang kehidupan aktivis iklim paling terkenal di dunia. Kalau begitu, pergilah Lihat tahun lalu saya adalah Greta Di DocPlay atau iTunes.

Sebaliknya, hal itu dirasakan oleh David Attenborough, seorang remaja Swedia dan ayahnya yang sedang istirahat selama setahun dari pendidikan tradisional, menyaksikan langsung contoh pemanasan global, sambil ditemani oleh para ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu seperti biologi kelautan dan ilmu iklim.

Merekalah yang membuat skenario yang penuh dengan kematian dan statistik yang mengerikan dan mengerikan. Permukaan laut akan naik satu meter pada akhir abad ini, 90 persen terumbu karang dunia akan mati karena pengasaman laut, dan lima kebakaran hutan California terburuk yang pernah tercatat terjadi selama tahun 2020.

Baca lebih banyak:
* Greta Thunberg tentang aktivis iklim Kiwi, penguncian dan Donald Trump
* Anna Greta: Mengapa film dokumenter Thunberg ini bukan tentang perubahan iklim
* Greta Thunberg mengecam elit iklim Davos saat Donald Trump naik panggung
* Orang tua Greta Thunberg menentang aktivisme iklimnya
* Jeremy Clarkson menyerang aktivis Greta Thunberg: ‘Dia gila dan berbahaya’
* Greta Thunberg: ‘Pembenci’ akan mengatakan apa saja untuk menghindari tindakan terhadap perubahan iklim
* Hanya karena Greta Thunberg berusia 16 tahun, itu tidak membuatnya salah

Jadwal perjalanan Greta dan Svante tidak sepenuhnya mengikuti jalan yang sama yang telah diikuti oleh para pelancong Inggris seperti Whitehols atau Walsh dari generasi ke generasi. Dalam episode pembukaan, ada kunjungan ke wabah kumbang pinus di Taman Nasional Jasper Kanada, Gletser Athabasca yang malang, dan sisa-sisa surga yang dirusak api di California.

READ  Permukaan bulan Jupiter Europa terombang-ambing oleh dampak kecil - kondisinya saat ini mungkin cocok untuk kehidupan

Yang terakhir adalah pengalaman yang sangat serius, terutama ketika disertai dengan pemandangan mengerikan dari penduduk yang mencoba melarikan diri dari kebakaran kendaraan mereka. Setelah itu, Presiden Trump menyalahkan “salah urus hutan”, dan Greta (dan hampir semua orang yang hidup melalui pengalaman itu) belajar lebih baik.

Setahun untuk Mengubah Dunia melakukan pekerjaan yang bagus untuk menghadirkan Greta Thunberg sebagai orang yang sangat rasional — bukan ambivalensi ekstrem yang mungkin diyakini oleh beberapa politisi dan ahli teori konspirasi.

Pablo Blazquez Dominguez / Getty Images

Setahun untuk Mengubah Dunia melakukan pekerjaan yang bagus untuk menghadirkan Greta Thunberg sebagai orang yang sangat rasional — bukan ambivalensi ekstrem yang mungkin diyakini oleh beberapa politisi dan ahli teori konspirasi.

Terlepas dari pembelaannya yang jelas bahwa harapan (menghindari dampak terburuk dari perubahan iklim) hanya dapat dicapai melalui tindakan, Setahun untuk mengubah dunia Dia juga melakukan pekerjaan yang baik untuk menghadirkan Thunberg sebagai orang yang masuk akal — bukan kata-kata kasar yang mungkin dipikirkan oleh beberapa politisi dan ahli teori konspirasi.

“Saya bukan remaja pemarah yang berteriak pada para pemimpin,” dia menegaskan, didukung oleh tembakannya dengan lembut, tetapi dengan tegas mengingatkan mereka yang berkuasa atas tanggung jawab mereka terhadap planet ini dan warganya.

“Ini bukan opini atau pandangan politik,” katanya pada konferensi COP25 yang disiarkan televisi di Madrid, Spanyol, setelah memberi pengarahan kepada mereka tentang krisis yang dihadapi Bumi, “ini adalah sains terbaik yang tersedia saat ini.”

Dia segera melanjutkan dengan menyalahkan perusahaan global untuk “akuntansi cerdas dan PR kreatif” yang hanya menutupi fakta bahwa “tidak ada yang dilakukan” untuk mengurangi dampak lingkungan mereka.

Datang saja ke konferensi ini terbukti menjadi cobaan berat bagi Thunberg dan Pa. Ketika dia diterbangkan dari Chili, mereka harus mengubah rencana mereka dan segera menemukan perahu (terbang adalah pilihan yang tidak ramah yang tidak mampu dia beli) yang bisa dia lewati melintasi Atlantik.

Sebagian besar Paradise, California, termasuk Taman RV lokal, dihancurkan oleh kebakaran hutan pada tahun 2018.

dipasok

Sebagian besar Paradise, California, termasuk Taman RV lokal, dihancurkan oleh kebakaran hutan pada tahun 2018.

Ketika seri terus berlanjut, itu hanyalah awal dari pekerjaan yang akan merusak proyek 12 bulannya (Thunberg mengakui mereka hanya pergi ke sekitar seperempat dari tempat yang semula direncanakan). Serangkaian peristiwa yang akan membuatnya bertanya-tanya, “Bagaimana saya bisa meyakinkan dunia yang terhuyung-huyung dari satu krisis untuk sepenuhnya mengatasi yang lain?”

Tidak ada keraguan bahwa pandemi saat ini telah menambah tantangan untuk meyakinkan orang bahwa ada masalah yang lebih besar yang dihadapi spesies kita dan rumah kita, tetapi seri ini, dengan fokus yang jelas dan cerdik pada pesan, daripada pembawa pesan (bahkan jika dia adalah seseorang yang karismatik seperti dia jelas) Ini pasti akan membantu.

Greta Thunberg: Setahun Mengubah Dunia Sekarang tersedia untuk streaming di TVNZ OnDemand.