Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Hujan meteor Geminid dan asteroid Vesta

Hujan meteor Geminid dan asteroid Vesta

Pada bulan Desember ini, para pengamat langit dapat menikmati hujan meteor Geminid yang puncaknya pada malam tanggal 13 Desember, dan kesempatan untuk mengamati asteroid Vesta, terutama saat berada dalam posisi oposisi. Bulan juga akan sejajar dengan planet-planet seperti Venus, Saturnus, dan Jupiter pada tanggal tertentu. Kredit: SciTechDaily.com

Apa saja yang menarik dari pengamatan langit di bulan Desember 2023? Langit cerah akan memberikan pemandangan hujan meteor Geminid yang sempurna, dan Anda dapat menggunakan teropong untuk mencari asteroid Vesta.

Vesta dalam oposisi dan meteor Gemini!

Meteorit paling andal tahun ini ada di sini, tanpa gangguan apa pun dari bulan yang cerah. Gemini mencapai puncaknya dalam semalam dari tanggal 13 hingga pagi hari tanggal 14. Dan jika Anda ingin menambahkan “pengintai asteroid” ke daftar pencapaian Anda, cobalah mengamati Vesta dengan teropong atau teleskop kecil.

Sorotan Skywatching untuk bulan Desember:

  • 7-10 Desember – Menangkap bulan sabit untuk menurunkan berat badan setiap pagi selama empat hari saat terbit Venus Bintang terang Sunbulah berada di timur selama dua jam sebelum matahari terbit.
  • 12 Desember – bulan baru
  • 13 Desember – Meteor Geminid mencapai puncaknya tadi malam. Pengamat di belahan bumi utara dapat mencari meteor mulai pukul 9 atau 10 malam, dan jumlahnya akan bertambah setiap jam setelah tengah malam. Berpakaianlah yang hangat, jauhi cahaya terang, dan nikmati langit sebanyak mungkin. Meteor akan berjatuhan di seluruh langit.
  • 17 Desember – Setelah matahari terbenam, carilah bulan sabit di dekatmu Saturnus Di barat daya. Teropong atau teleskop kecil dapat mengungkap bulan raksasa Saturnus, Titan, sebagai titik samar di sebelah planet tersebut.
  • 21 Desember Jupiter Tampaknya hampir saat bulan purnama di tenggara saat kegelapan mulai turun. Saksikan mereka meluncur melintasi langit bersama sepanjang malam.
  • 26 Desember – Bulan purnama
  • Sepanjang bulan Letak Asteroid Vesta berlawanan arah, yaitu tepat di sisi Bumi yang berlawanan dengan Matahari, serta pada titik terdekat dan paling terang sepanjang tahun. Ini saat yang tepat untuk mencoba melihatnya dengan teropong atau teleskop kecil. Carilah ia bergerak ke utara di langit antara Gemini dan Orion selama sebulan. Gunakan aplikasi pemantauan langit favorit Anda untuk menentukan lokasi tepatnya pada malam Anda mengamati.
Grafik langit Bulan Venus Desember 2023

Grafik langit menunjukkan bulan sabit dengan Venus pada pagi hari tanggal 7-10 Desember. Sumber gambar: NASA/JPL-Caltech

Versi video

READ  Para astronom telah mendeteksi indikasi pertama adanya medan magnet di sebuah planet di luar tata surya kita

Apa yang baru di bulan Desember? Pemandangan Bulan dan Planet Terbaik Meteor Geminid dirancang untuk tampilan spektakuler, dan kesempatan untuk mengamati asteroid dengan mata kepala sendiri.

Bulan mengunjungi planet-planet terang di langit, sepanjang bulan, dimulai empat pagi di awal Desember — 7 hingga 10 Desember — saat Anda dapat melihat deretan indah Venus, Bulan sabit, dan terbitnya matahari. Bintang Spica di tenggara.

Kemudian pada tanggal 17, Anda akan menemukan Bulan sabit tergantung tepat di bawah Saturnus di barat daya selama beberapa jam pertama setelah matahari terbenam. Kebanyakan teropong akan mendeteksi keduanya dalam bidang pandang yang sama. Sebagai tantangannya, lihat apakah Anda dapat melihat bulan raksasa Saturnus, Titan, sebagai titik samar di sisi planet di sini.

Grafik langit Desember 2023 Bulan Saturnus

Peta langit yang menunjukkan bulan sabit dengan Saturnus pada malam tanggal 17 Desember. Sumber: NASA/JPL-Caltech

Akhir minggu itu, Bulan akan hampir penuh dengan Jupiter selama dua malam pada tanggal 21 dan 22. Anda akan melihat mereka ke arah tenggara pada awal malam, melakukan perjalanan ke barat melintasi langit bersama-sama sepanjang malam.

Hujan meteor paling andal tahun ini, hujan Geminid, terjadi setiap tahun pada bulan Desember. Meskipun meteor Perseid cenderung mendapat perhatian lebih karena terjadi saat cuaca hangat di Belahan Bumi Utara, meteor Geminid biasanya menghasilkan lebih banyak meteor. Pada puncaknya, Anda mungkin melihat meteor setiap menitnya.

Hujan mencapai puncaknya pada malam hari tanggal 13 Desember dan pagi hari tanggal 14 Desember. Pemirsa di Belahan Bumi Utara dapat melihat meteor mulai pukul 9 atau 10 malam pada tanggal 13. Jumlah meteor akan bertambah setiap jam setelahnya, dengan jumlah terbesar yang melintas di langit antara tengah malam dan senja pagi.

READ  Apa suara dinosaurus?

Pengamat langit di Belahan Bumi Selatan juga dapat melihat Gemini, meskipun mereka muncul pada tengah malam, dan sekitar seperempat dari kecepatan di utara.

Jika langit Anda cerah, kondisinya akan sempurna untuk malam puncak tahun ini, yang hanya terjadi satu hari setelah bulan baru, sehingga langit menjadi nyaman dan gelap sepanjang malam. Meteor tersebut tampak memancar dari konstelasi Gemini, namun Anda akan melihat lebih banyak bintang jatuh jika melihat lurus ke atas dan menikmati langit sebanyak mungkin.

Grafik langit pergerakan asteroid Vesta Desember 2023

Peta langit yang menunjukkan pergerakan asteroid Vesta selama bulan Desember. Sumber gambar: NASA/JPL-Caltech

Apakah Anda ingin melihat asteroid dengan mata kepala sendiri? Asteroid Vesta mencapai oposisi bulan ini, artinya ia berada tepat di sisi bumi yang berlawanan dengan matahari. Hal ini juga terjadi pada saat Vesta paling dekat dengan Bumi, sehingga paling terang dan paling mudah dikenali.

Terkadang, Vesta berada cukup dekat dengan tanah sehingga Anda dapat melihatnya hanya dengan mata Anda. Namun tahun ini, Anda perlu menggunakan teropong atau teleskop kecil untuk mencarinya.

NASAPesawat ruang angkasa Dawn datang sangat dekat dengan Vesta, mengorbit bola elips pada tahun 2011 dan 2012. Dia menemukan bahwa Vesta terbentuk dalam dua juta tahun pertama tata surya kita, dan memetakan permukaannya dengan sangat rinci.

Pada bulan Desember ini, Vesta mencapai level tertingginya sekitar pukul 1 atau 2 pagi (sempurna untuk pengamatan teleskop), namun Anda dapat mengamatinya lebih awal sekitar pukul 10 malam, ketika ia akan muncul sekitar separuh langit timur.

Grafik langit untuk asteroid Vesta Desember 2023

Peta langit yang menunjukkan posisi asteroid Vesta pada tanggal 1 dan 8 Desember. Pada malam-malam tersebut, Vesta akan mudah ditemukan di sepanjang garis antara Betelgeuse Orion dan salah satu dari dua bintang terang di Orion. Sumber gambar: NASA/JPL-Caltech

Temukan Vesta di antara lengan Orion yang terangkat, di sini, dan kaki Castor di Gemini, di sini. Pada tanggal 1 Desember, Anda dapat menemukan Vesta di sepanjang garis antara Betelgeuse dan bintang Tihat ini. Seminggu kemudian, Vesta berpindah sehingga muncul di sepanjang garis antara Betelgeuse dan Probus, di sini. Sepasang teropong tua sederhana akan memperlihatkan Vesta kira-kira selebar satu jari di sebelah barat kedua bintang ini. Gunakan aplikasi pengamatan langit favorit Anda sebagai panduan ke lokasi Vista di dalam medan bintang yang Anda lihat pada malam tertentu yang Anda amati.

READ  Nyamuk Florida dinyatakan positif malaria saat petugas menyemprot area - Ars Technica

Dan jika Anda haus akan eksplorasi asteroid lebih lanjut, masih banyak lagi yang akan dilakukan! Misi Psyche NASA baru-baru ini memulai perjalanannya menuju asteroid Psyche yang kaya logam, dan pesawat ruang angkasa Lucy kami baru saja terbang melintasi asteroid Dinkinesh dan asteroid-asteroidnya yang lebih kecil pada awal November. Lucy menuju ke asteroid Trojan, sebuah keluarga unik batuan luar angkasa yang mengorbit Jupiter dan kemungkinan merupakan sisa-sisa material primordial yang sama yang membentuk Jupiter dan exoplanet lainnya.

Dan jika itu terdengar menarik bagi Anda, mungkin Anda siap menambahkan “pengamat asteroid” ke daftar pencapaian Anda, saat Anda mencari Vesta di langit bulan Desember.

Di bawah ini adalah fase bulan untuk bulan Desember.

Fase bulan Desember 2023

Fase bulan Desember 2023. Sumber gambar: NASA/JPL-Caltech