Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Hujan meteor musim panas yang paling menarik sedang berlangsung sekarang, tanggal terbaik untuk ditonton

Hujan meteor musim panas yang paling menarik sedang berlangsung sekarang, tanggal terbaik untuk ditonton

Awasi langit: Hujan meteor Perseid tahunan baru saja dimulai, dan akan terus menjadi sangat tinggi selama beberapa minggu ke depan.

Karena lintasan Bumi melalui lintasan puing-puing Komet Swift-Tuttle, hujan meteor musim panas ini diketahui menghasilkan hingga 50 hingga 100 meteor per jam di bawah langit cerah, menurut NASA.

Banyak meteor Perseid memiliki ekor panjang berwarna-warni yang menciptakan garis-garis cahaya melintasi langit. Pancuran ini terkadang dapat menghasilkan bola api: meteor yang sangat terang yang dapat dilihat di area yang sangat luas. Jika dipadukan dengan malam musim panas yang sejuk, Perseid telah menjadi atraksi pengamatan bintang yang disukai di Belahan Bumi Utara.

Meteor ditembakkan pada 14 Juli tahun ini dan akan berlanjut hingga 1 September, memuncak pada malam hari tanggal 12 Agustus hingga dini hari tanggal 13 Agustus. Penampakan meteor akan meningkat secara bertahap antara sekarang dan malam puncak itu, setelah itu akan menurun dengan cepat, menurut situs web Astronomi. EarthSky.

Sebagai bonus, tahun ini Perseids akan mencapai puncak hanya beberapa hari sebelum bulan baru 16 Agustus. Bulan baru menciptakan kondisi yang bagus untuk mengamati langit malam karena memungkinkan langit yang paling gelap. Yang membuat pengalaman hujan meteor begitu kuat, sehingga meteor yang lebih redup pun tidak akan tersapu oleh cahaya bulan.

Meskipun hujan meteor ini dapat disaksikan paling cepat pukul 22.00, para ahli mengatakan bahwa Perseids semakin melimpah seiring berjalannya malam, dan mereka paling baik dilihat di Belahan Bumi Utara selama dini hari—jadi, untuk pengamatan puncak, rencanakan untuk begadang atau atur alarm Anda.

Melihat hujan meteor tidak memerlukan peralatan khusus seperti teropong atau teleskop, tetapi pengalaman terbaik jika dilihat di bawah langit yang paling gelap, jauh dari lingkungan perkotaan yang terang. Daerah pedesaan, khususnya di Lower North dan Upper North Peninsula Michigan, menawarkan pemandangan terbaik, bersama dengan taman langit gelap dan cagar alam.

READ  Ahli Geologi Telah Menganalisis Secara Dekat Dua 'Gumpalan' Aneh yang Terdeteksi Jauh di Dalam Bumi

Beberapa tip hujan meteor: Berpakaian sesuai cuaca dan pilih lokasi pengamatan di bawah bentangan langit yang luas, seperti di sepanjang tepi danau atau di area pengamatan khusus di taman langit gelap. Bawalah selimut atau kursi malas untuk berkemah, yang memungkinkan Anda untuk bersandar dan menikmati langit sebanyak mungkin. Dan mungkin yang terpenting, bersabarlah: Mata kita membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan.

Terkait:

Langit cukup gelap untuk menyaksikan bintang-bintang menghilang. Grup baru di Michigan ingin mengubahnya

Mengapa michigan sering melihat aurora borealis

Hujan meteor terbaik untuk ditonton pada tahun 2023

Ikuti Tur Kayak Bintang-dan-Bulan Terpandu di Sekitar Rantai Pulau Michigan Musim Panas Ini

8 Kepulauan Michigan Tempat Anda Bisa Berkemah Semalam