Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Kapal perang Inggris berlayar ke Laut Hitam pada bulan Mei karena ketegangan meningkat antara Ukraina dan Rusia: laporkan

Sebuah kapal induk Angkatan Laut Kerajaan yang ditarik oleh kapal tunda saat mencapai Pangkalan Angkatan Laut Portsmouth di Inggris.

The Sunday Times, mengutip sumber senior angkatan laut, melaporkan bahwa kapal perang Inggris akan berlayar ke Laut Hitam pada Mei di tengah meningkatnya ketegangan antara Ukraina dan Rusia.

Surat kabar itu melaporkan bahwa penempatan itu bertujuan untuk menunjukkan solidaritas dengan Ukraina dan sekutu NATO Inggris.

Satu kapal perusak Tipe 45 yang dipersenjatai dengan rudal anti-pesawat dan fregat anti-kapal selam Tipe 23 akan meninggalkan kelompok misi RNMC di Mediterania dan menuju melintasi Bosphorus ke Laut Hitam, menurut laporan itu.

Laporan itu menambahkan bahwa pesawat RAF F-35B Lightning dan helikopter pemburu kapal selam Merlin akan siap di atas kapal bendera kelompok misi, kapal induk HMS Queen Elizabeth, untuk mendukung kapal perang di Laut Hitam.

Ketegangan antara Moskow dan Kiev meningkat, di tengah penumpukan pasukan Rusia di sepanjang perbatasan dan bentrokan di timur Ukraina antara tentara dan separatis pro-Rusia.

Pejabat Kementerian Pertahanan Inggris tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Seorang juru bicara kementerian mengatakan kepada surat kabar bahwa pemerintah Inggris bekerja sama dengan Ukraina untuk memantau situasi dan terus menyerukan Rusia untuk de-eskalasi.

“Inggris dan sekutu internasional kami tak tergoyahkan dalam mendukung kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina,” kata juru bicara itu mengutip surat kabar itu.

(Kecuali untuk judulnya, cerita ini tidak diedit oleh kru NDTV dan diterbitkan dari umpan bersama.)

READ  Bangladesh mendapat 5.000.000 vaksin COVID-19 dosis Cina sebagai hadiah