Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Menteri luar negeri India dan Pakistan akan berada di UEA, dan kedua belah pihak mengatakan tidak ada pertemuan yang direncanakan

Menteri Luar Negeri S. Jaishankar dan mitranya dari Pakistan Shah Mahmood Qureshi dijadwalkan mengunjungi Uni Emirat Arab pada akhir pekan meskipun kedua negara mengatakan pada hari Sabtu bahwa tidak ada pertemuan yang direncanakan antara kedua pemimpin.

Beberapa jam setelah dimulainya kunjungan tiga hari Qureshi ke Uni Emirat Arab, juru bicara Kementerian Luar Negeri Arendam Baji mengumumkan di Twitter bahwa Gishankar akan mengunjungi Abu Dhabi pada 18 April atas undangan mitranya dari Emirat Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan.

Pengumuman tersebut segera memicu spekulasi tentang pertemuan antara Gishankar dan Qureshi, terutama setelah pengakuan diplomat senior Emirat atas peran UEA dalam memfasilitasi pembicaraan rahasia antara India dan Pakistan.

Namun, seseorang yang mengetahui perkembangan tersebut mengatakan, dengan syarat anonim, bahwa kunjungan Jaishankar ke UEA adalah “murni bilateral” dan bahwa hubungannya “hanya dengan kepribadian Emirat.”

“Dia akan membahas beberapa masalah ekonomi dan kesejahteraan sosial yang mendesak terkait dengan situasi Covid-19,” kata orang itu.

Di Islamabad, juru bicara Kementerian Luar Negeri Zahid Hafeez Chaudhry mengatakan kepada wartawan bahwa tidak ada rencana untuk mengadakan pertemuan antara kedua menteri. “Tidak ada pertemuan seperti itu yang dijadwalkan selama kunjungan Menteri Luar Negeri Shah Mahmood Qureshi ke Emirates,” katanya.

Baik Jaishankar dan Qureshi dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab. Qureshi juga akan bertemu dengan komunitas Pakistan dan mengadakan diskusi dengan pimpinan Emirat tentang semua aspek kerja sama bilateral, termasuk perdagangan dan investasi, serta masalah regional dan global.

Kunjungan terakhirnya ke UEA adalah dari 25 hingga 26 November, dan dia mengadakan pembicaraan yang bertujuan untuk mendorong kerja sama bilateral dalam kerangka kemitraan strategis yang komprehensif. Menteri Luar Negeri Moralidaran melakukan kunjungan resmi ke Uni Emirat Arab dari 19 hingga 21 Januari.

READ  Wishes Ramadhan Mubarak, Gambar, Status, Kutipan, Pesan, Wallpaper, GIF, Shayari, Gambar, Kartu Ucapan

Pada hari Rabu, utusan Uni Emirat Arab untuk Amerika Serikat, Yousef Al-Otaiba, mengatakan negaranya telah memainkan peran dalam mempertemukan India dan Pakistan untuk pembicaraan yang bertujuan meredakan ketegangan atas Kashmir dan memulihkan hubungan bilateral “ke tingkat yang sehat. ”

Pernyataan Al-Otaiba adalah pertama kalinya seorang pejabat Emirat secara terbuka mengakui peran negara dalam upaya menormalisasi hubungan antara India dan Pakistan. Beberapa laporan media menyatakan bahwa UEA telah memfasilitasi pembicaraan rahasia yang mengarah pada komitmen kembali India dan Pakistan pada gencatan senjata tahun 2003 di Garis Kontrol pada bulan Februari.