Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

KTT BRICS: Akankah PM Modi bertemu Xi Jinping China di Afrika Selatan?  apa yang kita tahu

KTT BRICS: Akankah PM Modi bertemu Xi Jinping China di Afrika Selatan? apa yang kita tahu

Kelompok BRICS dari negara-negara berkembang utama – Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan – akan mengadakan KTT Kepala Negara dan Pemerintahan ke-15 di Johannesburg mulai 22-24 Agustus.

Mengenai kemungkinan pertemuan bilateral antara Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Narendra Modi di sela-sela KTT BRICS ke-15 di Afrika Selatan, Menteri Luar Negeri Vinay Quatra mengatakan jadwal perdana menteri masih disusun.

Menjelang kunjungan Perdana Menteri Narendra Modi ke Afrika Selatan dan Yunani, Quatra mengatakan pada konferensi pers khusus: “Seperti yang saya sebutkan dalam sambutan saya, negara tuan rumah Afrika Selatan telah mengundang sejumlah besar negara tamu, selain tentu saja anggota BRICS. Siapa akan hadir di sana.”

“Jadwal pertemuan bilateral perdana menteri dengan para pemimpin yang akan hadir di Afrika Selatan masih dalam pengembangan,” kata Quatra.

Khususnya, Perdana Menteri Modi akan berangkat ke KTT BRICS besok pagi untuk bergabung dengan para pemimpin Brasil, China, dan Afrika Selatan di Johannesburg, Afrika Selatan.

Dan Menteri Luar Negeri menginformasikan selama permohonan khusus hari ini bahwa “perdana menteri akan berangkat besok pagi ke Johannesburg, di mana dia akan berpartisipasi dalam KTT BRICS kelima belas, yang dimulai besok dan berakhir pada 24 Agustus …”.

Itu terjadi pada November tahun lalu ketika Perdana Menteri Narendra Modi bertemu dengan Presiden China Xi Jinping pada jamuan makan malam G-20 yang diselenggarakan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo di Bali, Indonesia.

India dan China telah berada dalam keadaan konfrontasi selama tiga tahun terakhir, dan hubungan telah memburuk di semua tingkatan karena ketegangan perbatasan. Kedua belah pihak telah mengadakan 19 putaran pembicaraan sejauh ini untuk mengatasi masalah perbatasan di Ladakh timur sejak tahun 2020 pasca agresi China di sana.

READ  Jumat Agung 2024: Pelajari tentang tanggal, sejarah dan pentingnya hari raya umat Kristiani

Menteri Luar Negeri Vinay Quatra mengatakan pada hari Senin bahwa India memiliki niat yang sangat positif untuk memperluas negara-negara BRICS dan mendukung mereka dengan pikiran terbuka.

Dalam pengarahan khusus sebelum kunjungan Perdana Menteri Narendra Modi ke Afrika Selatan untuk pertemuan BRICS, dia mengatakan, “Sehubungan dengan perluasan BRICS, kami telah menjelaskan sejak awal bahwa kami memiliki niat positif dan pikiran terbuka terkait perluasan BRICS. . Ini adalah topik diskusi yang sedang berlangsung saat ini di antara para Sherpa BRICS di Afrika Selatan dan saya tidak ingin berprasangka terhadap hasil diskusi tersebut.”

“Ada minat besar di banyak negara untuk bergabung dengan grup BRICS dan bergabung dengan grup BRICS untuk memanfaatkan berbagai peluang yang ditawarkan oleh aliansi itu sendiri,” tambah Quatra.

* Dengan masukan dari lembaga