Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Malam ini, peristiwa langit yang “ajaib” dan langka akan terjadi dengan gerhana bulan Mars.  Berikut cara menontonnya.

Malam ini, peristiwa langit yang “ajaib” dan langka akan terjadi dengan gerhana bulan Mars. Berikut cara menontonnya.

Rabu akan menjadi malam “ajaib” di alam bintang karena empat peristiwa langit terjadi di antara langit.

Hari itu akan berakhir dengan matahari terbenam paling awal tahun ini, dengan oposisi Mars, dan peristiwa langka di mana bulan purnama bulan Desember, yang dikenal sebagai “bulan dingin”, untuk sementara mengusir Mars.

Menurut NASA, matahari akan terbenam sebelum pukul 16:45 EST pada hari Rabu, dan senja akan berakhir pada pukul 17:49 EST. Meskipun akan membawa kegelapan dini, itu juga akan mengatur panggung untuk malam berbintang yang indah. Selain bulan purnama, pemirsa akan dapat mengamati beberapa planet di dekat cahayanya: Jupiter, Saturnus, dan Mars, yang terakhir akan berhadapan langsung dengan matahari, sebuah peristiwa yang dikenal sebagai Oposisi Mars.

Bulan purnama pada hari Rabu disebut bulan yang dingin Karena “malam yang panjang dan dingin” yang dibawa musim dingin, menurut NASA, mengutip Almanak Petani Maine. Ia juga dikenal sebagai Bulan Beku dan Bulan Musim Dingin dalam kalender, serta Bulan Yule dan Bulan Oak di Eropa.

Tapi acara utamanya bukan hanya bulan itu sendiri. Dengan penampakan Mars yang paling dekat dan paling terang tahun ini, NASA mengatakan bulan secara bertahap akan bergeser mendekati planet merah tersebut. Di beberapa wilayah global, bulan akan tampak menghalangi pandangan Mars, sebuah peristiwa yang dikenal sebagai bulan purnama bersembunyi.

“7 Desember menghadirkan salah satu momen ajaib ketika langit berubah secara dramatis di depan mata Anda,” kata NASA dalam video yang menyoroti pengamatan langit.

Bagian dari Amerika Utara, Eropa, dan Afrika Utara akan dapat melihat yang tak terlihat, kata NASA, sementara yang berada di tenggara dan pantai timur Amerika Serikat akan melihat Bulan “merumput di sebelah Mars.”

READ  NASA mencari orang untuk menguji simulator Mars tahun ini: NPR


Ada apa: Desember 2022 kiat mengamati langit dari NASA oleh
Laboratorium Propulsi Jet NASA pada saya
Youtube

Penglihatan harus berlangsung sekitar satu jam bagi kebanyakan orang. NASA mengatakan orang-orang di Minneapolis akan melihat Mars menghilang sekitar pukul 21:03 CST dan muncul kembali sekitar pukul 22:11, sedangkan orang-orang di Los Angeles akan dapat mengamati fenomena tersebut sekitar pukul 18:31 PST hingga 19:31. Bulan akan berada pada titik tertingginya pada pukul 23:08 EDT.

NASA mengatakan peristiwa itu mewakili “kesempatan yang relatif langka untuk melihat planet terang yang dikaburkan oleh bulan.”

“Bulan lewat di depan planet-planet di langit malam beberapa kali dalam setahun. Bahkan, umumnya mengaburkan Mars setidaknya dua kali setahun,” kata NASA. “Tetapi setiap okultasi hanya terlihat dari sebagian kecil permukaan Bumi, jadi tidak umum bagi tempat tertentu di Bumi untuk sering melihatnya.”

Bagi mereka yang berada di luar area di mana pemandangan tak terlihat dimungkinkan, atau yang mungkin tidak memiliki langit cerah selama peristiwa langit, tersedia streaming langsung untuk menontonnya secara real time. Inilah cara Anda dapat menonton (semua waktu yang tercantum di bawah adalah EST):

  • Itu Proyek Teleskop Virtual 2.0 Anda akan memiliki catatan online mulai pukul 11 ​​​​malam
  • University of Texas akan menjadi tuan rumah Observatorium McDonald di Austin bersama dengan Flagstaff, Observatorium Lowell di Arizona. Siaran langsung Mulai jam 9 malam
  • California Selatan Observatorium Griffith Dia akan mengadakan siaran langsung mulai pukul 9 malam
  • astronom Carnegie Siaran langsung Ini akan dimulai pukul 9:15 malam