Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Menjelang pertemuan G20, Perdana Menteri Narendra Modi mengadakan makan malam pribadi untuk Joe Biden malam ini

Menjelang pertemuan G20, Perdana Menteri Narendra Modi mengadakan makan malam pribadi untuk Joe Biden malam ini

Kedua pemimpin akan makan malam bersama setelah pembicaraan bilateral.

New Delhi:

Perdana Menteri Narendra Modi akan menjamu Presiden AS Joe Biden untuk makan malam pribadi malam ini di kediamannya di Delhi, satu hari sebelum KTT besar-besaran G-20.

Sumber mengatakan bahwa Presiden Biden, yang berangkat ke India hari ini, diperkirakan akan langsung menuju kediaman Perdana Menteri Modi setelah kedatangannya.

Kedua pemimpin akan makan malam bersama setelah pembicaraan bilateral.

Ini adalah kunjungan pertama Presiden Biden ke India, tiga bulan setelah kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Modi, di mana ia menjamu perdana menteri untuk makan malam di Gedung Putih. Dia akan berangkat ke Vietnam pada Minggu sore.

Reuters mengutip Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan yang mengatakan bahwa Perdana Menteri Modi dan Presiden AS diperkirakan akan mencapai kemajuan signifikan dalam kesepakatan mesin jet General Electric dan teknologi nuklir sipil selama pembicaraan bilateral mereka. General Electric membuka pintunya bagi transfer teknologi ke India untuk pembuatan mesin jet lokal pada bulan April.

Para pejabat AS mengatakan kedua pemimpin kemungkinan akan meninjau kerja sama yang sedang berlangsung di bidang energi ramah lingkungan, perdagangan, teknologi maju dan pertahanan, serta bagaimana kedua negara dapat berkontribusi terhadap beberapa tantangan dunia yang mendesak.

Sebelum melakukan perjalanan ke India, Biden menulis di akun X-nya, “Saya akan menghadiri G20 – forum utama untuk kerja sama ekonomi internasional – yang berfokus pada memajukan prioritas Amerika, melayani negara-negara berkembang, dan menunjukkan komitmen kami terhadap G20 sebagai sebuah forum. yang dapat memberikan Hasil”.

Presiden AS terakhir yang mengunjungi India adalah Donald Trump pada tahun 2020.

READ  Tekanan meningkat pada Rishi Sunak saat sinetron Westminster berlanjut

Sumber mengatakan PM Modi akan mengadakan lebih dari 15 pertemuan bilateral selama tiga hari hingga hari Minggu.

Malam ini dia juga akan bertemu dengan para pemimpin Mauritius dan Bangladesh di rumahnya di Lok Kalyan Marg.

Selain pertemuan G20, besok PM Modi akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Inggris, Jepang, Jerman dan Italia.

Pada hari terakhir KTT G20, Perdana Menteri akan mengadakan jamuan makan siang dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Sumber mengatakan dia akan mengadakan pertemuan sampingan dengan Kanada dan pertemuan bilateral dengan Komoro, Turki, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, EU/EC, Brazil dan Nigeria.