Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Nikki Haley mengakhiri rekor tak terkalahkan Donald Trump dengan kemenangan pertamanya di pemilihan pendahuluan Distrik Columbia

Nikki Haley mengakhiri rekor tak terkalahkan Donald Trump dengan kemenangan pertamanya di pemilihan pendahuluan Distrik Columbia

Nikki Haley menerima 63% suara dalam pemilihan pendahuluan yang diadakan hanya di satu lokasi.

Washington, Amerika Serikat:

Nikki Haley memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Republik di Washington, D.C., pada hari Minggu, mencatat kemenangan pertamanya saat dia berjuang untuk tetap relevan dalam persaingannya melawan Donald Trump.

Kemenangan simbolis Haley di ibu kota negara ini terjadi menjelang hari penting dalam proses panjang nominasi Amerika – Super Tuesday, di mana 15 negara bagian dan satu teritori memberikan suara.

Washington adalah kota yang sangat demokratis dengan sedikit anggota Partai Republik yang terdaftar. CNN, yang merupakan salah satu media yang mengumumkan kemenangan Haley pada hari Minggu, memperkirakan hanya memperoleh 22.000 suara.

Haley menerima 63% suara dalam pemilihan pendahuluan yang diadakan hanya di satu tempat, sebuah hotel di pusat kota, menurut surat kabar Politico yang mengutip pernyataan pejabat partai Washington.

Pada pemilu tahun 2020 melawan Trump, kandidat saat itu Joe Biden memperoleh 92 persen suara di Washington.

Kota ini tidak pernah menghasilkan suara mayoritas untuk calon presiden dari Partai Republik.

Tim kampanye Haley mengeluarkan pernyataan yang mengatakan: “Tidak mengherankan jika Partai Republik yang paling dekat dengan disfungsi di Washington menolak Donald Trump dan semua kekacauannya.”

Sebaliknya, tim kampanye Trump mengeluarkan apa yang mereka sebut sebagai “pernyataan mengenai penobatan Nikki Haley sebagai Ratu Rawa.”

“Hasil malam ini di Washington, D.C., menegaskan kembali tujuan kampanye Presiden Trump – dia akan mengeringkan rawa dan mengutamakan Amerika,” bunyi pernyataan itu.

Acara Super Tuesday diperkirakan akan membuat Trump semakin dekat untuk mendapatkan nominasi presiden dari Partai Republik. Dia telah menyapu bersih semua pemilihan pendahuluan awal di negara bagian tersebut.

READ  Think tank Singapura mencatat panggilan palsu dalam operasi mencurigakan di China | berita terbaru india

Super Tuesday dipandang sebagai kesempatan nyata terakhir Haley untuk mengubah langkah mantan presiden tersebut menjadi pembawa bendera partai lagi, melawan Biden.

(Kecuali judulnya, cerita ini belum diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)