Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Shehbaz Sharif diambil sumpah sebagai Perdana Menteri Pakistan ke-24 |  berita Dunia

Shehbaz Sharif diambil sumpah sebagai Perdana Menteri Pakistan ke-24 | berita Dunia

Pada hari Senin, Shehbaz Sharif dilantik sebagai Perdana Menteri Pakistan ke-24, mengambil alih kendali negara yang kekurangan uang untuk kedua kalinya sejak tahun 2022, di tengah tantangan ekonomi dan keamanan yang mengejutkan.

Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif (AFP)

Presiden Arif Alvi mengucapkan sumpah konstitusional kepada Shahbaz yang berusia 72 tahun dalam sebuah upacara yang diadakan di markas besar kepresidenan di Iwan Al-Sadr.

Hindustan Times – Sumber berita terhangat tercepat Anda! Baca sekarang.

Upacara pengambilan sumpah tersebut dilakukan beberapa hari setelah Liga Muslim Pakistan-Nawaz dan Partai Rakyat Pakistan menyetujui perjanjian pembagian kekuasaan untuk membentuk pemerintahan koalisi.

Shehbaz sebelumnya menjabat sebagai perdana menteri pemerintahan koalisi dari April 2022 hingga Agustus 2023 sebelum Parlemen dibubarkan untuk mengadakan pemilihan umum bulan lalu.

Baca | Temui Shehbaz Sharif, Perdana Menteri Pakistan yang “tidak sengaja” dan saudara laki-laki Nawaz Sharif

Mantan Perdana Menteri Nawaz Sharif, Ketua Menteri Punjab Maryam Nawaz dan pekerja PML-N lainnya menghadiri acara tersebut. Pemimpin Partai Rakyat Pakistan dan Ketua Menteri Sindh Murad Ali Shah juga hadir pada kesempatan tersebut.

Pada hari Minggu, Shehbaz memenangkan mayoritas di Parlemen yang baru terpilih di tengah slogan-slogan yang diteriakkan oleh oposisi.

Shehbaz, kandidat konsensus PML-N dan Partai Rakyat Pakistan, memperoleh 201 suara dari 336 anggota Parlemen. Saingannya, Omar Ayub Khan, dari partai Tehreek-e-Insaf Pakistan, yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Imran Khan yang dipenjara, memperoleh 92 suara.

Baca | Nawaz Sharif secara resmi mencalonkan adiknya Shehbaz untuk posisi Perdana Menteri Pakistan

Dalam pemilu tanggal 8 Februari, yang dinodai oleh tuduhan kecurangan pemilu, partai yang dipimpin Sharif gagal memperoleh mayoritas, meskipun secara teknis partai tersebut merupakan partai terbesar dengan 75 kursi dari 265 kursi yang diperebutkan.

READ  Laporan: 'UFO' masih dipamerkan di Kongres Meksiko dikritik sebagai 'aksi'.

Pemimpin baru harus mengambil keputusan sulit untuk mereformasi perekonomian negara dan pemerintahan yang kekurangan uang.

Buka dunia manfaat dengan HT! Dari buletin yang bermanfaat hingga peringatan berita real-time dan feed berita yang dipersonalisasi – semuanya ada di sini, hanya dengan sekali klik! – Masuk sekarang! Dapatkan berita dunia terkini serta berita terkini dari India di Hindustan Times.