Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

penahanan kepala pembangkit nuklir Zaporizhzhia;  Ukraina mengepung pasukan Rusia di benteng Lyman

penahanan kepala pembangkit nuklir Zaporizhzhia; Ukraina mengepung pasukan Rusia di benteng Lyman

Kremlin berencana untuk merebut semua zona industri Donbass.

“Majelis Rusia di wilayah Lyman dikepung,” kata Serhiy Sherivati, juru bicara pasukan timur Ukraina.

Di sisi lain, lembaga negara Energoatom yang bertanggung jawab atas pembangkit tersebut mengatakan, pada hari Sabtu, bahwa patroli Rusia telah menahan manajer umum pembangkit listrik tenaga nuklir Ukraina Zaporizhzhia yang diduduki Rusia. Perusahaan itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Ihor Murashov ditangkap dalam perjalanannya dari pembangkit nuklir terbesar di Eropa ke kota Enerhodar sekitar pukul 4 sore (1300 GMT) pada hari Jumat.

“Dia dibawa keluar dari mobil, ditutup matanya, dan dibawa ke arah yang tidak diketahui,” tambahnya.

Rusia pada hari Jumat memveto upaya Barat di Dewan Keamanan PBB untuk mengutuk pencaplokannya atas wilayah Ukraina, tetapi tidak menemukan dukungan, dengan China dan India abstain. Hak veto Rusia sudah pasti, tetapi kekuatan Barat berharap untuk menunjukkan isolasi Moskow dalam perang mereka dan sekarang akan membawa upaya kecaman ke Majelis Umum, di mana setiap negara memiliki suara dan tidak ada yang bisa membunuh resolusi.

Amerika Serikat mendorong melalui rancangan resolusi Dewan Keamanan beberapa jam setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa Moskow telah merebut empat wilayah di Ukraina, dan referendum yang diselenggarakan Kremlin diadakan di wilayah yang direbut oleh militer Rusia.

“Inilah yang diamanatkan untuk dilakukan Dewan Keamanan – mempertahankan kedaulatan, melindungi integritas teritorial, dan mempromosikan perdamaian dan keamanan,” Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas Greenfield, mengatakan pada awal pertemuan.

“PBB dibangun di atas gagasan bahwa satu negara tidak akan pernah diizinkan untuk mengambil wilayah negara lain dengan paksa,” katanya, kemudian menjanjikan pemungutan suara di Majelis Umum.

READ  Pengadilan mengatakan Trump didiskualifikasi dari pemungutan suara tahun 2024 di Colorado

Duta Besar Rusia, Vasily Nebenzia, mengeluh bahwa upaya untuk mencela salah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan dengan hak veto belum pernah terjadi sebelumnya.

Apakah Anda benar-benar mengharapkan Rusia untuk mempelajari dan mendukung proyek semacam itu? Dan jika tidak, ternyata Anda dengan sengaja mendorong kami untuk memveto lilin lirik tentang pelanggaran hak ini oleh Rusia,” kata Nebenzia.

Pada hari Jumat, pasukan Ukraina merebut dua desa yang terletak sangat dekat dengan benteng Rusia timur Lyman, dalam indikasi paling jelas bahwa kota itu akan segera jatuh.

Lyman, di wilayah Donetsk, bertugas selama beberapa bulan sebagai pusat logistik dan transportasi, menambatkan operasi Rusia di utara wilayah tersebut. Penangkapannya akan menjadi keuntungan terbesar Kyiv sejak serangan balik kilat merebut kembali sebagian besar wilayah Kharkiv bulan ini.

Membaca berita terbaru Dan berita terbaru disini