Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Perdana Menteri Shehbaz Sharif mengatakan Pakistan tidak dapat bertahan tanpa bantuan lebih lanjut dari Dana Moneter Internasional

Perdana Menteri Shehbaz Sharif mengatakan Pakistan tidak dapat bertahan tanpa bantuan lebih lanjut dari Dana Moneter Internasional

Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif mengatakan pada hari Kamis bahwa perekonomian negaranya tidak dapat bertahan tanpa bantuan lebih lanjut dari Dana Moneter Internasional, Reuters melaporkan.

Berharap untuk menerima dana sebesar $1,1 miliar dari lembaga keuangan global tersebut bulan depan, perdana menteri Pakistan mengatakan negaranya perlu melakukan reformasi struktural yang mendalam melalui program IMF yang berjangka waktu dua dan tiga tahun.

Pernyataan Perdana Menteri Pakistan ini disampaikan sehari setelah Bank Dunia mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan awal dengan Islamabad untuk meluncurkan tahap kesepakatan penyelamatan senilai $1,1 miliar. Ini akan menjadi bagian terakhir dari paket dana talangan sebesar $3 miliar yang diterima Pakistan musim panas lalu.

Penting untuk dicatat bahwa musim panas lalu, negara yang kekurangan uang ini membuat kesepakatan senilai $3 miliar dengan badan keuangan PBB pada saat negara tersebut sedang mengalami krisis neraca pembayaran yang membawanya ke ambang gagal bayar. Pakistan sedang mencari rencana penyelamatan jangka panjang lainnya.

Pejabat IMF juga mengatakan bagian akhir dari kesepakatan tersebut masih harus mendapat persetujuan dewan pada akhir April. Kesepakatan itu berakhir pada 11 April.

“Situasi ekonomi dan keuangan Pakistan telah membaik dalam beberapa bulan setelah tinjauan pertama, dengan pertumbuhan dan kepercayaan yang terus pulih berkat manajemen kebijakan yang hati-hati dan dimulainya kembali aliran dana dari mitra multilateral dan bilateral,” kata IMF.

IMF menambahkan bahwa pertumbuhan diperkirakan tidak akan terlalu besar pada tahun ini dan inflasi akan tetap jauh di atas target, karena Pakistan memerlukan reformasi kebijakan lebih lanjut untuk mengatasi “kerentanan ekonominya.”

Rencana penyelamatan jangka panjang lainnya

Pemberi pinjaman global tersebut juga mengatakan selama pembicaraan peninjauan kembali bahwa Islamabad telah menyatakan minatnya untuk memberikan dana talangan lainnya, dan menambahkan bahwa diskusi mengenai bantuan jangka menengah kemungkinan akan dimulai dalam beberapa bulan ke depan.

READ  Penerbangan pertama yang membawa 219 pengungsi India dari Ukraina mendarat di bandara Mumbai dari Bucharest

Sebelumnya pada hari Rabu, Perdana Menteri Sharif memberi tahu pemerintahannya bahwa negaranya memerlukan pinjaman baru dari Dana Moneter Internasional, dan menambahkan bahwa peningkatan basis pajak adalah suatu keharusan untuk mengamankan kesepakatan ini.

“Perjanjian IMF akan meningkatkan perekonomian negara,” kata Menteri Keuangan Muhammad Aurangzeb dalam konferensi pers Kabinet.

Buka dunia yang penuh manfaat! Dari buletin bermanfaat hingga pelacakan inventaris waktu nyata, berita terhangat, dan umpan berita yang dipersonalisasi – semuanya ada di sini, hanya dengan satu klik! Masuk sekarang!