Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Peringatan meletusnya Gunung St. Helens | Tanah

Hari ini dalam sainsPada tanggal 18 Mei 1980, Gunung St. Helens mengalami letusan dahsyat dan mematikan, menyebabkan tanah longsor terbesar yang pernah tercatat. Di awal tahun, ribuan gempa bumi kecil, pernafasan uap, dan tonjolan yang tumbuh di ketinggian 450 kaki (140 meter) menunjukkan bahwa magma sedang naik di gunung berapi. Kemudian, pada 8:32 pagi waktu setempat 41 tahun yang lalu, gempa bumi berkekuatan 5,1 mengguncang gunung, memicu tanah longsor besar-besaran dan letusan lateral yang meruntuhkan bagian utara gunung berapi. Magma panas dan terkompresi meletus, dan semburan abu mencapai setinggi 80.000 kaki (15 mil, 24 km), sebelum menutupi daerah sekitarnya. Ahli Geologi USGS Dijelaskan Ledakan dahsyat:

Itu benar-benar menghancurkan area seluas 230 mil persegi dalam lima hingga sembilan menit. Itu pada dasarnya membunuh semua yang ada di area itu.

Lima puluh tujuh orang, termasuk seorang ahli vulkanologi David A. Johnston Dan jurnalis foto Blackburn Merah, Tewas pada 18 Mei 1980, letusan di Gunung St. Helens. Itu Observatorium Johnston Ridge Di Toutle, Washington, dinamai menurut nama ahli vulkanologi. Mulai 10 Mei 2021, sementara observatorium itu sendiri ditutup tanpa tanggal pembukaan tetap, area alun-alun di belakang gedung dengan pemandangan kawah dan area letusan yang luar biasa terbuka.

Gunung yang tertutup salju dan air di latar depan.

Sebelum: Gunung St. Helens difoto tujuh tahun sebelum letusan tahun 1980. Foto melalui Dinas Kehutanan AS / erupsibook.com.

Gunung yang tertutup salju dengan kawah gunung berapi di puncaknya, gumpalan asap di tengahnya, awan dari belakang, dan pantulan di perairan depan.

jarak: Gunung St. Helens difoto dua tahun setelah letusan tahun 1980. Foto melalui Lynn Topinka / USGS.

Hutan lebat yang menutupi lereng gunung berapi diubah menjadi abu di dalam area yang dikenal sebagai zona ledakan interior, yang membentang sekitar 10 km dari puncak. Pohon yang jauh dari area ledakan dalam juga rusak karena panas yang menyengat. Luas total dari kawasan hutan yang rusak dikenal sebagai zona peledakan. Selama beberapa dekade terakhir, wilayah ini perlahan pulih dengan kehidupan.

Daerah pegunungan yang ditutupi dengan batang pohon tumbang.

Foto udara peledakan kayu ini diambil pada tanggal 8 Juni 1980, setelah diratakan oleh letusan Gunung St. Helens. Gambar melalui USGS / Geoengineer.org.

Lahar – Aliran lumpur yang membawa puing-puing letusan gunung berapi – terbentuk dengan cepat dari es dan salju yang mencair di sisi Gunung St. Helens. Tanah longsor besar-besaran yang terjadi pada letusan tahun 1980 menyebabkan rumah, jalan dan jembatan ke komunitas tetangga.

Batang kayu di samping truk besar terbalik.

partikel Lahar Dia menyapu kayu, truk, dan puing-puing dalam perjalanan bersamanya menuruni lereng gunung di Mount St. Helens pada 18 Mei 1980. Gambar melalui D. Olson / Layanan Taman Nasional.

Sekarang Gunung St.Helens tingginya 8.363 kaki (2.550 meter). Stratovolcano Terletak di Skamania County, Washington, sekitar 1.300 kaki (400 meter) lebih pendek dari sebelum letusan tahun 1980. Ini adalah gunung berapi paling aktif di Pegunungan Cascade, yang membentang di sepanjang pantai barat laut Amerika Utara. Seri bertingkat adalah bagian dari Cincin Api Pasifik. Gunung St. Helens masih dianggap sebagai salah satu Gunung berapi paling berbahaya di Amerika Serikat.

READ  Sebuah studi baru menemukan bahwa T.Rex berjalan sangat lambat

Sejak 1980, Gunung St.Helens terus mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi secara berkala, tetapi tidak sampai pada tingkat yang sama seperti tahun 1980. Observatorium Gunung Api Cascades Terus memantau aktivitas di Gunung St. Helens.

Awan kembang kol abu-abu dan hitam di atas gunung berapi.

Gambar Gunung St. Helens yang diambil selama letusan gunung berapi pada 18 Mei 1980. Foto via Amman / Coombs / Layanan Taman Nasional.

Intinya: Gunung berapi Gunung St.Helens meledak dalam kecelakaan dahsyat pada tanggal 18 Mei 1980, menewaskan 57 orang dan mengubah lanskap secara dramatis.

Lihat lebih banyak video tentang letusan Gunung St. Helens

Magma sedang naik di dalam Gunung St. Helens, tetapi letusan gunung berapi diperkirakan tidak terjadi

Pemandangan dari Luar Angkasa: Kehidupan yang Merebut Kembali Gunung St. Helens

Apakah Cincin Api itu?

Diana Konners