Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Presiden Ukraina Zelensky memecat kepala pengawal pribadinya setelah menggagalkan upaya pembunuhan terhadapnya

Presiden Ukraina Zelensky memecat kepala pengawal pribadinya setelah menggagalkan upaya pembunuhan terhadapnya

Kiev: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Kamis memecat kepala departemen yang bertanggung jawab atas perlindungan pribadinya setelah dua petugasnya ditangkap minggu ini atas dugaan rencana pembunuhan.

Zelensky mengeluarkan dekrit yang “mencopot Sergei Leonidovich Rud dari jabatan kepala Administrasi Perlindungan Negara Ukraina.”

Dia tidak memberikan alasan pemecatan Rudd atau menyebutkan nama pengganti untuk posisi yang sangat sensitif tersebut.

Pengumuman tersebut muncul setelah dinas keamanan Ukraina, SBU, mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka telah menggagalkan rencana Rusia untuk membunuh Zelensky dan pejabat senior lainnya.

Dikatakan bahwa pihaknya telah menangkap dua kolonel dari Departemen Pengawal karena dicurigai membocorkan informasi rahasia ke dinas keamanan saingan Rusia, FSB.

Salah satu dari mereka diduga secara pribadi memberikan granat berpeluncur roket, drone, dan ranjau anti-personil kepada seorang agen untuk melakukan serangan tersebut.

Rudd, 47, telah mengepalai departemen tersebut – yang mengawasi keamanan pribadi presiden, pejabat senior lainnya, dan keluarga mereka – sejak 2019.

Zelensky telah menjadi target Rusia sejak invasi mereka pada Februari 2022. Tahun lalu dia mengatakan bahwa dia mengetahui setidaknya “lima atau enam” rencana pembunuhan yang gagal terhadapnya.
READ  Korea Utara mengatakan peluncuran itu merupakan simulasi serangan, sementara Korea Selatan sedang memulihkan bagian-bagian rudal