Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Probe Luna-25 Rusia mencapai orbit bulan

Probe Luna-25 Rusia mencapai orbit bulan

Pendarat Luna-25 Moskow dijadwalkan mencapai orbit bulan pada hari Rabu, dalam misi pertama Rusia dalam hampir 50 tahun, menurut badan antariksa Rusia Roscosmos.

Dengan peluncuran ke bulan, yang pertama di Moskow sejak 1976, Rusia berharap dapat memberikan dorongan baru bagi industri luar angkasanya, yang telah berjuang selama bertahun-tahun dan semakin terisolasi di tengah perang di Ukraina.

Pendarat itu dijadwalkan mengorbit sekitar 100 km di atas permukaan bulan sebelum pendaratan yang dijadwalkan pada Senin, di utara kawah Boguslavsky di kutub selatan bulan.

Roscosmos mengatakan bahwa kamera yang dipasang di wahana itu telah mengambil gambar Bumi dan Bulan yang jauh dari luar angkasa.

Probe, yang beratnya sekitar 800 kilogram, dibawa ke luar angkasa oleh roket Soyuz yang diluncurkan pada hari Jumat dari kosmodrom Vostochny di Timur Jauh Rusia.

Dia dijadwalkan untuk tetap berada di permukaan bulan selama satu tahun, bertugas mengumpulkan sampel dan menganalisis tanah.

Misi tersebut muncul saat masa depan kerja sama lama Rusia dengan Barat dalam eksplorasi ruang angkasa tampak diragukan, saat Moskow melanjutkan perangnya melawan Ukraina.

Rusia mengatakan akan melanjutkan rencananya untuk eksplorasi bulan, meskipun Badan Antariksa Eropa (ESA) mengatakan tidak akan bekerja sama dengan Moskow dalam misi masa depan atas penaklukannya.

READ  Coronavirus terbaru: Australia telah meminta Victoria untuk tutup selama 7 hari sejak tengah malam