Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Gerhana matahari cincin api terjadi untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade, dan inilah cara melihatnya

Gerhana matahari cincin api terjadi untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade, dan inilah cara melihatnya

Ditulis oleh Douglas Helm | diterbitkan

Jika Anda seorang pengamat luar angkasa di Amerika Serikat, akan ada acara yang sangat penting untuk dirayakan di kalender Anda Oktober ini. Cincin gerhana api akan terlihat dari delapan negara bagian yang berbeda, menjadikannya pertama kalinya dalam sebelas tahun peristiwa ini terlihat di Amerika Utara. Mereka yang berada di Amerika Tengah dan Selatan juga akan mendapat kesempatan untuk menyaksikan acara tersebut setelah melewati Amerika Utara (via MarthaStewart. com).

Cincin api akan dimulai pada 13 Oktober, dan orang-orang di Oregon, California utara, Nevada, Utah, Arizona timur laut, Colorado barat daya, New Mexico, dan Texas akan memiliki kesempatan untuk melihatnya sebelum berakhir pada 14 Oktober. . Kami terakhir melihat ini bahkan pada tahun 2012 ketika melewati sebagian besar wilayah Amerika Serikat dan memberikan pemandangan indah matahari kita kepada penggemar luar angkasa.

Cincin gerhana api akan terlihat di Amerika Utara pada 13 Oktober. Sebelas tahun telah berlalu sejak peristiwa seperti itu terjadi.

Perlu diingat bahwa Anda harus berada dalam jalur 125 mil untuk melihat gerhana penuh, jika tidak, kali ini Anda hanya akan mendapatkan tampilan gerhana sebagian.

Gerhana cincin api mendapatkan namanya dari bulan yang melewati matahari, menyebabkan piringan hitam yang menutupi sebagian besar matahari dan cincin api yang mengelilingi bulan. Peristiwa tersebut terjadi ketika Bulan melintas di antara Bumi dan Matahari pada titik terjauh dalam orbitnya. Ini jelas merupakan peristiwa yang luar biasa untuk dilihat dan layak untuk dikendarai jika Anda cukup dekat untuk menangkapnya.

Melihat acara tersebut memerlukan kacamata gerhana khusus atau Anda dapat menggunakan metode tampilan tidak langsung seperti proyektor lubang jarum.

Cincin gerhana api
Penggambaran artis tentang gerhana matahari

Meskipun masih sangat keren untuk dilihat, perlu diingat bahwa gerhana api annular bukanlah gerhana matahari total. Artinya, tidak aman untuk melihat matahari dengan mata telanjang kapan saja selama gerhana, dan Anda memerlukan alat penglihatan khusus untuk melihat peristiwa tersebut. Melihat acara tersebut memerlukan kacamata gerhana khusus atau Anda dapat menggunakan metode tampilan tidak langsung seperti proyektor lubang jarum.

READ  Tes impuls pada kebocoran pesawat ruang angkasa stasiun ruang angkasa Soyuz - perjalanan ruang angkasa AS ditunda

Bagaimana cara melihat gerhana?

Mereka yang berada di jalur cincin gerhana api perlu mengharapkan kondisi penglihatan yang layak jika mereka ingin melihat acara tersebut dengan baik. Idealnya, langit cerah akan menjadi kondisi terbaik untuk melihat gerhana, tetapi kondisi apa pun di mana matahari terlihat sudah cukup untuk melihat peristiwa tersebut. Mereka yang memiliki langit mendung dan hujan mungkin tidak seberuntung kali ini.

Seperti disebutkan, gerhana cincin api akan mengikuti jalur sepanjang pantai Oregon ke Pantai Teluk Texas. Selanjutnya, gerhana akan melewati Meksiko, Belize, Honduras, dan Panama sebelum menyelesaikan perjalanannya melalui Kolombia dan pantai Brasil. Dengan acara terbaru yang akan datang di tahun 2012, jarang sekali Anda mendapat kesempatan untuk menyaksikan acara ini, jadi waspadalah.

Namun, ada kabar baik bagi para pengamat gerhana di masa depan. Jika Anda melewatkan episode gerhana api, Anda dapat menantikan gerhana matahari total yang akan terlihat di AS pada 8 April 2024. Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda melakukan perjalanan untuk gerhana ini sejak gerhana total berikutnya. gerhana di AS tidak akan terlihat sampai tahun 2044.