Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Rishi Sunak, yang didukung oleh 140 anggota parlemen, dapat menjadi Perdana Menteri Inggris pada hari Senin jika…

Rishi Sunak, yang didukung oleh 140 anggota parlemen, dapat menjadi Perdana Menteri Inggris pada hari Senin jika…

Rishi Sunak sudah mendapat dukungan dari 142 deputi.

London:

Mantan menteri keuangan Inggris Rishi Sunak bisa menjadi perdana menteri negara berikutnya jika saingan Boris Johnson dan Benny Mordaunt gagal memenangkan dukungan 100 anggota parlemen besok. Sunak sudah mendapat dukungan dari 142 anggota DPR.

Boris Johnson, yang digulingkan sebagai perdana menteri pada Juli dan meninggalkan kantor pada September, mendapat dukungan dari 59 anggota parlemen. Penny Mordaunt memiliki 29.

Jika Johnson dan Mordaunt gagal mendapatkan dukungan 100 anggota parlemen pada hari Senin, Rishi Sunak secara otomatis akan menjadi perdana menteri.

Di bawah aturan yang diumumkan pada hari Kamis, maksimal tiga anggota parlemen Konservatif akan dapat mencalonkan diri, karena partai telah menetapkan ambang batas 100 anggota parlemen untuk calon untuk mendapatkan suara, dan ada total 357 anggota parlemen di partai.

Jika ada bentrokan tiga arah, anggota parlemen akan mengadakan pemungutan suara indikatif pada hari Senin untuk membawa kandidat terakhir yang terpilih ke pemungutan suara online cepat oleh sekitar 170.000 anggota Partai Konservatif, dengan pemimpin baru dipilih pada Jumat depan.

Rishi Sunak secara resmi mengumumkan pencalonannya hari ini, mengatakan bahwa ia bertujuan untuk mereformasi ekonomi, menyatukan partai dan “membuat bangsa”.

Johnson dan Snack bertemu tadi malam di tengah spekulasi kesepakatan antara keduanya, meskipun kepahitan ditinggalkan oleh peran Sunak dalam kejatuhan Johnson sebagai perdana menteri. Tidak ada hasil yang jelas dari diskusi itu dan tidak ada penyebutan Johnson dalam pengumuman Sunak hari ini.

READ  Video mengerikan menunjukkan dunia laut hampir menyelam ke dalam mulut hiu macan