Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Rusia bersiap untuk serangan “terakhir” di Ukraina;  Donbass Tujuan Utama dari Rencana Aneksasi Timur: Sumber Daya Kremlin

Rusia bersiap untuk serangan “terakhir” di Ukraina; Donbass Tujuan Utama dari Rencana Aneksasi Timur: Sumber Daya Kremlin

Terakhir diperbarui: 23 Desember 2022, pukul 10:27 IST

Seorang tentara Ukraina beristirahat di posnya di Pakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina, pada 17 Desember. (Foto AP/PTI)

Rusia telah mencaplok Donetsk, Luhansk (provinsi Donbass), Kherson, dan Zaporizhia pada bulan September tetapi belum mencapai kontrol militer penuh atas empat wilayah tersebut.

Rusia berencana untuk meluncurkan serangan terakhir pada Ukraina Sekitar tahun baru, saat pasukan bersiap untuk segera mencaplok kawasan industri lama Donbass di timur, kata sumber yang dekat dengan Kremlin kepada CNN-News18.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu mengunjungi unit-unit tentara yang bertempur di Ukraina pada Kamis.

Rusia telah mencaplok Donetsk dan Luhansk (dua provinsi Donbass), Kherson, dan Zaporizhia pada bulan September, tetapi belum mencapai kendali militer penuh atas keempat “provinsi” tersebut.

Panglima militer Rusia Valery Gerasimov mengatakan bahwa pasukan Rusia “berfokus untuk menyelesaikan pembebasan” Donetsk. Menurut Agence France-Presse, Gerasimov juga mengatakan bahwa Rusia telah menggunakan rudal hipersonik untuk pertama kalinya di Ukraina termasuk rudal Kinzhal – bagian dari gudang senjata yang dia sebut Putin “tak terkalahkan”.

Militer Ukraina kehabisan senjata, kata sumber-sumber Rusia.Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang mengunjungi Amerika Serikat pada 21 Desember untuk pertama kalinya sejak perang dimulai pada Februari 2021, berharap mendapat bantuan tambahan $45 miliar dari Joe Biden untuk membantu. “Mempertahankan nilai-nilai kita dan kemerdekaan kita.”

Presiden AS menjanjikan lebih banyak bantuan militer kepada Zelensky, khususnya baterai rudal permukaan-ke-udara Patriot, bersama dengan bantuan keamanan senilai $1,85 miliar, yang disetujui Ukraina.

Tentang Donbass Ukraina

Donbass adalah wilayah penghasil batu bara dan baja di Ukraina, dan dua wilayah timur besarnya adalah Donetsk dan Luhansk, yang membentang dari luar Mariupol di selatan hingga perbatasan utara dengan Rusia.

READ  Perang Israel dengan Hamas: Benjamin Netanyahu menolak pembentukan negara Palestina, dan Amerika Serikat mengatakan tidak ada cara untuk menyelesaikan masalah keamanan Israel

Donbass umumnya berbahasa Rusia, tetapi apa yang disebut republik rakyat yang dibuat oleh Rusia tidak diakui di wilayah tersebut, menurut BBC.

Putin ingin menangkap Donbass karena dia berulang kali menuduh Ukraina melakukan genosida di timur – klaim yang belum diverifikasi. Moskow kemungkinan akan mencaplok Donbass dan wilayah tetangga lainnya seperti yang terjadi dengan Krimea pada 2014.

Kremlin pada hari Kamis menuduh Kyiv dan Washington menutup mata terhadap kekhawatirannya dan menuduh Amerika Serikat menggunakan Ukraina sebagai medan perang untuk melemahkan Rusia.

Ini terjadi ketika Presiden Vladimir Putin bersikeras bahwa Rusia bertujuan untuk segera mengakhiri “perang”. Tujuan kami adalah… untuk mengakhiri konflik ini. “Kami berjuang untuk ini,” kata Putin. “Kami akan berusaha untuk memastikan semuanya selesai, dan lebih cepat, lebih baik.”

(Dengan masukan dari lembaga)

Baca semua file berita terbaru di sini