Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Seorang astronot mengambil foto misterius “Red Goblin” jauh di atas Bumi

Seorang astronot mengambil foto misterius “Red Goblin” jauh di atas Bumi

Kemunculan cepat goblin merah, yang hanya berlangsung selama satu milidetik, menimbulkan tantangan bagi para ilmuwan

Seorang astronot dari Badan Antariksa Eropa (ESA) baru-baru ini memotret peristiwa tidak biasa yang disebut Sprite Merah. Astronot Andreas Mogensen mengambil gambar ini menggunakan kamera resolusi tinggi untuk eksperimen Thor-Davis di Universitas Teknik Denmark. Eksperimen tersebut bertujuan untuk mempelajari petir di bagian atas atmosfer dan pengaruhnya terhadap tingkat gas rumah kaca, sehingga mempengaruhi pemanasan global. Para ilmuwan memperkirakan dimensi goblin merah pada gambar astronot sekitar 14 x 26 kilometer (8,7 x 16,2 mil).

“Gambar-gambar yang diambil oleh Andreas ini luar biasa,” kata Olivier Chanrion, ilmuwan utama eksperimen ini dan peneliti senior di DTU Space. BBC.

“Kamera Davis bekerja dengan baik dan memberi kita resolusi temporal tinggi yang diperlukan untuk menangkap proses cepat dalam kecepatan kilat.”

Apa itu goblin merah?

Sprite merah mewakili fenomena atmosfer yang tidak biasa yang diklasifikasikan sebagai Peristiwa Bercahaya Sementara (TLE). Kadang-kadang disebut petir merah, terjadi di atas awan petir pada ketinggian 40 hingga 80 kilometer (25 hingga 50 mil) di atas permukaan bumi. Berbeda dengan sambaran petir pada umumnya yang turun dari awan ke bumi, benda tersebut bergerak secara terbalik, naik ke atmosfer, menyerupai bentuk petir terbalik.

Kemunculan cepat goblin merah, yang hanya berlangsung selama satu milidetik, merupakan tantangan bagi para ilmuwan yang ingin menangkap dan mempelajarinya secara komprehensif. Karena fenomena ini terjadi di atas awan petir, fenomena ini menimbulkan kesulitan dalam pengamatan dari Bumi dan sebagian besar terlihat dari luar angkasa. Namun, menggali lebih dalam sifat-sifatnya dapat memberikan wawasan penting mengenai aktivitas atmosfer bagian atas, memberikan informasi berharga untuk pemahaman ilmiah.

READ  Helikopter inovatif NASA di Mars mencetak rekor kecepatan pada penerbangan ketiga

Sprite langka bukan satu-satunya fenomena atmosfer yang terjadi, jet biru adalah contoh lain dari peristiwa bercahaya sementara.