Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Teleskop Luar Angkasa Webb baru saja merilis dua gambar menakjubkan dari Nebula Cincin

Teleskop Luar Angkasa Webb baru saja merilis dua gambar menakjubkan dari Nebula Cincin

Teleskop Luar Angkasa Webb baru-baru ini mencitrakan Cincin Nebula dengan dua pencitra utama, mengungkapkan formasi gas Dalam detail yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Gambar yang menakjubkan menunjukkan gumpalan kaya hidrogen di nebula dan bagian dalamnya dipenuhi dengan gas panas. Nebula – pertama kali ditemukan pada 1779 – dicitrakan oleh Near Infrared Webcam (NIRCam) dan Medium Infrared Instrument (MIRI), yang menunjukkan berbagai aspek struktur dan komposisi nebula planet.

Gambar NIRCam baru menyoroti aspek struktur filamen cincin bagian dalam, sedangkan gambar MIRI menunjukkan aspek fitur konsentris luar nebula. Penting untuk dicatat: Nebula Cincin (NGC 6720) yang baru saja dicitrakan tidak sama dengan Nebula Cincin Selatan (NGC 3132), yang Webb ditembak tahun lalu.

Panel biner menggabungkan gambar nebula NIRCam (kiri) dan MIRI (kanan).

Menurut Badan Antariksa Eropa meluncurkan Menggambarkan gambar, nebula hampir bulat, dengan campuran gas dan debu dalam bentuk bola rugby jatuh ke lubang nebula (lubang donat, untuk melanjutkan pengukuran).

Nebula adalah awan gas dan debu di luar angkasa. Banyak nebula terbentuk saat bintang mati, dan beberapa nebula merupakan wilayah tempat lahirnya bintang baru. Menurut NASA. Nebula Cincin terletak 2.500 tahun cahaya dari Bumi. Cincin utama nebula terdiri dari gas yang didorong keluar oleh bintang yang sekarat di inti nebula. Bintang itu akhirnya akan menjadi katai putih. milik kita sendiri Matahari mungkin memiliki nebula Ketika akhirnya berakhir dalam lima miliar tahun, dan itu akan menjadi katai putih, meski kita hampir tidak akan melihatnya (jangan pernah bilang tidak pernah)!

Tampilan MIRI dari Cincin Nebula.

Di luar cincin utama nebula terdapat sekitar sepuluh busur konsentris, yang menurut versi yang sama mungkin berasal dari interaksi antara bintang sekarat utama di tengah nebula dan rekannya yang bermassa rendah; Dengan mempelajari nebula, para astronom dapat menyimpulkan detail bintang yang memunculkannya.

Anehnya, dua gambar berbeda dari nebula yang sama bisa memiliki warna berbeda. Tapi Webb mengamati objek pada panjang gelombang inframerah, yang berarti mata kita benar-benar tidak bisa menangani gambar mentah Webb. Gambar mentah kaya data ditampilkan dalam warna hitam sebelum file Prosesor gambar Webb menerjemahkan data inframerah menjadi panjang gelombang cahaya tampak– yang mereka lakukan dengan gambar di artikel ini, menunjukkan aspek tertentu dari nebula di setiap gambar.

dari beberapa Pandangan terdalam dari alam semesta Untuk belajar Cincin planet di tata surya kitaWebb memberi para astronom pandangan baru tentang ruang angkasa. Dan kami (penonton) menikmati kecemerlangan semua yang ditawarkan alam semesta, dari cahaya tertua yang dapat kami lihat hingga Uranus.

Lebih lanjut: Saatnya untuk akhirnya sampai ke Uranus

READ  Data Digital Bisa Mengubah Massa Bumi Hanya Sedikit, Klaim Fisikawan