Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Tidak ada lagi perlawanan? Panjshir jatuh ke tangan Taliban dengan pembunuhan komandan senior dan Amrullah Saleh di lokasi yang dirahasiakan setelah pengeboman

Akhir yang tidak menguntungkan dari AfganistanPerlawanan Taliban, berhasil merebut beberapa daerah di Lembah Panjshir – benteng terakhir negara yang dilanda perang yang tidak tersentuh oleh militan – dan menimbulkan kerusakan berat dan hilangnya nyawa pada pasukan perlawanan yang dipimpin oleh presiden sementara. Perintah Tuhan itu baik Siapa yang aman setelah pengeboman rumah yang dia tinggali tetapi dia dipindahkan ke lokasi yang tidak diketahui.

Beberapa pemimpin senior pasukan perlawanan tewas, termasuk juru bicaranya Fahim Dashti dan lainnya seperti Gul Haider Khan, Munib Amiri dan Wadud, keponakan Ahmed Shah Massoud.

Dashti adalah juru bicara Front Perlawanan, anggota terkemuka partai Jamiat-e-Islami dan anggota Persatuan Jurnalis Afghanistan.

(Dari kiri) Fahim Dashti dan Mayor Jenderal Wadud dan Munib Amiri dari Pasukan Perlawanan tewas dalam pertempuran dengan Taliban. (Berita 18)

Sumber-sumber milisi Islam mengatakan kelompok itu telah merebut lembah utara Kabul setelah pertempuran sengit. Sumber mengatakan bahwa rumah tempat Saleh tinggal dibom oleh helikopter Taliban. Namun, dia aman di lokasi yang dirahasiakan.

Baca juga | Ditembak di kepala dua kali: Apa yang dikatakan Amrullah Saleh kepada pengawalnya di tengah kekhawatiran pengambilalihan Taliban

Tembakan seremonial yang memekakkan telinga bergema di seluruh Kabul, dan akun Facebook dipenuhi dengan referensi tentang jatuhnya Panjshir.

Ada laporan tentang pertempuran hebat dan korban jiwa di lembah itu, yang dikelilingi oleh pegunungan kecuali untuk pintu masuk yang sempit dan telah bertahan melawan pendudukan Soviet serta terhadap pemerintah Taliban sebelumnya yang digulingkan pada tahun 2001. Taliban merebut Kabul pada bulan Agustus. 15 setelah kemajuan pesat melalui Afghanistan.

CNN-News18 sebelumnya melaporkan bahwa pasukan Pakistan membantu Taliban dalam perjuangan mereka melawan pijakan terakhir yang tersisa di oposisi Lembah Panjshir.

Baca juga | Eksklusif | Pakistan ‘membantu’ Taliban dalam memerangi perlawanan Panjshir dan ‘penerjunan pasukan khusus’

Sumber mengatakan bahwa Pakistan memberikan dukungan udara kepada pejuang Taliban di Panjshir, menambahkan bahwa beberapa pasukan khusus telah diterjunkan untuk memerangi perlawanan.

Sumber mengatakan kelompok militan telah menutup semua pasokan dan jalan utama. Mereka menambahkan bahwa kedua pihak – Taliban dan perlawanan Panjshir – menderita kerugian besar dalam operasi yang sedang berlangsung. Kepala intelijen Pakistan Hamid Fayez kemarin menawarkan dukungannya kepada Taliban selama kunjungannya ke Kabul.

Saleh punya Ditulis untuk PBBMenuntut agar badan-badan bantuan nasional dan internasional segera memobilisasi sumber daya mereka untuk mengakhiri “kejahatan perang” yang dilakukan oleh para militan.

Baca semua file berita terbaruDan berita terbaru Dan Berita virus corona Di Sini

READ  Perdana Menteri Imran Khan 'tidak berdaya', kata wartawan terlarang Pak; Mengkonfirmasi peningkatan "iklim ketakutan" untuk juru tulis