Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Vladimir Putin mengunjungi Mariupol sebagai bagian dari tur kejutan ke Ukraina

Vladimir Putin mengunjungi Mariupol sebagai bagian dari tur kejutan ke Ukraina

Kunjungan itu dilakukan setelah Putin melakukan perjalanan ke Krimea pada hari Sabtu dalam kunjungan mendadak untuk menandai ulang tahun kesembilan aneksasi semenanjung Rusia dari Ukraina.

Sehari setelah Pengadilan Kriminal Internasional didakwa atas kejahatan perang, Presiden Vladimir Putin melakukan kunjungan mendadak ke kota Mariupol, Ukraina yang diduduki Rusia, tempat beberapa kehancuran terburuk dari invasinya setahun yang lalu.

Televisi negara menunjukkan rekaman yang diperluas dari Putin yang ditayangkan di sekitar kota pada Sabtu malam, di mana dia bertemu dengan penduduk yang direlokasi dan memberi pengarahan kepada Wakil Perdana Menteri Marat Khosnowlin tentang upaya rekonstruksi.

Kota pelabuhan Mariupol menjadi terkenal di seluruh dunia sebagai sinonim untuk kematian dan kehancuran karena sebagian besar hancur menjadi puing-puing pada bulan-bulan awal perang, akhirnya jatuh ke tangan pasukan Rusia pada bulan Mei.

Ratusan orang tewas dalam pengeboman sebuah teater tempat keluarga dengan anak-anak berlindung. Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama dan Eropa (OSCE) mengatakan pengeboman awal Rusia terhadap sebuah rumah sakit bersalin adalah kejahatan perang. Moskow membantahnya dan mengatakan sejak menginvasi pada 24 Februari tahun lalu bahwa mereka tidak menargetkan warga sipil.

Kunjungan Putin adalah isyarat pembangkangan setelah Pengadilan Kriminal Internasional mengeluarkan surat perintah penangkapan pada hari Jumat, menuduhnya melakukan kejahatan perang dengan mendeportasi ratusan anak dari Ukraina.

Dia belum berkomentar secara terbuka tentang langkah itu, tetapi juru bicaranya mengatakan itu secara hukum “batal demi hukum” dan bahwa Rusia menganggap pertanyaan yang diajukan oleh ICC “keterlaluan dan tidak dapat diterima”.

Kunjungan Mariupol adalah kunjungan pertama Putin ke wilayah Donbass Ukraina yang diduduki Rusia sejak perang dimulai, dan yang paling dekat dengan garis depan.

READ  Aktivis iklim menempelkan tangan mereka di landasan, mereka mungkin perlu diamputasi

Sementara Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah melakukan sejumlah perjalanan ke medan perang untuk meningkatkan moral pasukannya dan berbicara tentang strateginya, Putin sebagian besar tetap berada di dalam Kremlin saat dia menjalankan apa yang disebut Rusia sebagai “operasi militernya sendiri” di Ukraina.

Kiev dan sekutunya mengatakan invasi itu adalah perampasan tanah kekaisaran yang telah menewaskan ribuan orang dan membuat jutaan orang mengungsi di Ukraina.

Sepotong surga

Perjalanan Putin ke Mariupol berlangsung dalam kegelapan. Televisi negara menunjukkan dia di dalam mobil, mengemudi melalui kota dengan ditemani wakil perdana menteri, Khosnulin, diberi pengarahan secara rinci tentang pembangunan kembali perumahan, jembatan, rumah sakit, rute transportasi, dan gedung konser.

Media pemerintah mengatakan dia mengunjungi lingkungan perumahan baru yang dibangun oleh militer Rusia saat orang pertama pindah pada September lalu.

“Apakah kamu tinggal di sini? Apakah kamu menyukainya?” Putin terlihat bertanya kepada warga.

“Sangat banyak. Sepotong kecil surga yang kita miliki di sini sekarang,” jawab seorang wanita, sambil menggenggam tangannya dan berterima kasih kepada Putin atas “kemenangannya”.

Khosnulin memberi tahu Putin bahwa penduduk telah kembali “dengan penuh semangat”. Mariupol memiliki populasi setengah juta sebelum perang dan merupakan rumah bagi pabrik baja Azovstal, salah satu yang terbesar di Eropa, tempat pejuang Ukraina bertahan selama berminggu-minggu di terowongan dan bunker bawah tanah sebelum dipaksa menyerah.

“Pusat kota sangat terpukul,” kata Khosnulin. “Kami ingin menyelesaikan (membangun kembali) bagian tengah akhir tahun, setidaknya bagian fasadnya. Bagian tengahnya sangat indah.”

Tidak ada reaksi langsung dari pemerintah Ukraina atas kunjungan tersebut.

Mariupol berada di wilayah Donetsk, salah satu dari empat wilayah Ukraina yang sebagian besar diduduki Rusia yang dipindahkan Putin pada bulan September untuk dicaplok dalam ukuran yang oleh sebagian besar negara di Majelis Umum PBB ditolak sebagai tindakan ilegal.

READ  Tornado besar menghancurkan kota-kota AS, kata Joe Biden Kirim bantuan: 10 poin

Putin melakukan perjalanan ke sana dengan helikopter setelah mengunjungi Krimea pada peringatan kesembilan aneksasi Rusia atas Ukraina.

Dari Mariupol, dia pergi ke Rostov di Rusia selatan, di mana pada hari Minggu televisi negara menunjukkan dia bertemu dengan Kepala Staf Umum Valery Gerasimov, pemimpin upaya perang Rusia di Ukraina.