Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Warga Korea Selatan memprotes rencana Jepang untuk membuang limbah yang diolah dari pabrik Fukushima yang rusak

Warga Korea Selatan memprotes rencana Jepang untuk membuang limbah yang diolah dari pabrik Fukushima yang rusak

SEOUL: Ratusan orang berdemonstrasi di ibukota Korea Selatan pada hari Sabtu (8 Juli) menyerukan Jepang untuk membatalkan rencananya untuk membuang air limbah olahan dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima yang rusak, ketika kepala badan nuklir PBB bertemu dengan pejabat senior untuk membahas keprihatinan publik tentang keamanan pangan.

Protes itu terjadi sehari setelah pemerintah Korea Selatan secara resmi mendukung keamanan rencana Jepang, dengan mengatakan bahwa tingkat polusi air yang dipompa dari pabrik akan berada dalam standar yang dapat diterima dan tidak akan mempengaruhi laut Korea Selatan secara material selama sistem pengolahan pabrik dipertahankan. . Bekerja seperti yang dirancang.

Pengumuman ini sejalan dengan pandangan Badan Energi Atom Internasional, yang menyetujui rencana pembuangan sampah Jepang minggu ini, mengatakan air limbah yang diolah akan memenuhi standar keamanan internasional dan menimbulkan dampak lingkungan dan kesehatan yang dapat diabaikan.

Menantang panas terik musim panas dan diawasi ketat oleh polisi, pengunjuk rasa berbaris dalam antrean panjang melalui kawasan bisnis di pusat kota Seoul, memegang tanda bertuliskan “Kami mengecam pembuangan air limbah nuklir Fukushima ke laut!” dan “Kami menentang dengan hidup kami debit laut.” Pawai berjalan dengan damai, dan tidak ada laporan segera tentang bentrokan besar atau cedera.

kata Han Sang-jin, juru bicara Federasi Serikat Buruh Korea, yang anggotanya bertanggung jawab atas banyak pengunjuk rasa.

Dia mengatakan membiarkan Jepang menguras air “sama saja dengan kejahatan internasional.”

READ  Kepala Wagner Yevgeny Prigozhin dalam daftar penumpang pesawat yang jatuh: agen Rusia