SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

2.000 Hektare Sawah Siap Dimulai

2.000 Hektare Sawah Siap Dimulai
Panen bersama padi varietas unggulan di Bukit Langkap, Lingga, bersamaan dengan penanaman padi dan jagung serentak di 7 lokasi, Sabtu (17/2/2018). Gerakan ini dihadiri Staf Ahli Menteri Pertanian Mat Syukur, Bupati Lingga Alias Wello dan Wakil Bupati M Nizar, Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi dan Kepala BI Gusti Raizal Eka Putra./kementerian pertanian

LINGGA – Kementerian Pertanian berencana mendatangkan petani dari Jawa untuk mendampingi petani di Lingga seiring terbitnya anggaran pencetakan 2.000 hektare sawah baru.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Kementerian Pertanian Dadih Permana menyatakan anggaran cetak sawah seluas 2.000 hektare di Kabupaten Lingga ini masuk dalam DIPA ke – 2 lingkup Ditjen PSP dengan nomor surat S-626/AG/2018 yang terbit pada tanggal 9 April 2018.

“Cetak sawah masih diperlukan di Lingga meskipun selama ini kami ketahui masih ada kekurangan, khususnya penyediaan irigasi dan alsintan,” kata Dadih, kemarin.

Dirjen PSP Kementan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lingga untuk memastikan penambahan program cetak sawah, seluas 2.000 hektare di Kabupaten Lingga berjalan sesuai dengan kebutuhan setempat.

Cetak sawah di Kabupaten Lingga yang dianggarkan oleh pemerintah pusat seluas 2.000 hektare, dimaksudkan untuk menambah luas baku lahan sawah yang sudah ada sebelumnya di Kabupaten Lingga. Cetak sawah ini nantinya tidak hanya membuat sawah baru, namun juga untuk merubah pola pikir masyarakat.

Adapun upaya yang dilakukan pemerintah pusat untuk mensukseskan program cetak sawah di Kabupaten Lingga, adalah dengan mendatangkan petani sukses dari wilayah Jawa dan melakukan penambahan dan pemantapan pendampingan dari penyuluh pertanian. Kegiatan cetak sawah di Kabupaten Lingga ini, menurutnya merupakan terobosan dari pemerintah pusat, untuk memenuhi kebutusan pangan di daerah perbatasan.

“Tadi kita juga melakukan peninjauan di beberapa wilayah seperti di Lingga, Lingga utara, Singkep dan Singkep Selatan,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com