Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Israel mengintensifkan serangannya terhadap Rafah di Gaza, dan Hamas mengatakan mereka “tidak akan mencapai” tujuan utamanya

Israel mengintensifkan serangannya terhadap Rafah di Gaza, dan Hamas mengatakan mereka “tidak akan mencapai” tujuan utamanya

Petugas medis melaporkan bahwa lima serangan udara Israel di Rafah pada hari Kamis menghantam setidaknya tiga rumah

Israel mengintensifkan serangannya terhadap Rafah setelah berjanji untuk melanjutkan operasi militer yang direncanakan di selatan Kota Gaza. Namun Hamas mengatakan bahwa Israel tidak akan dapat mencapai tujuannya bahkan jika mereka menginvasi Rafah.

Di bawah ini adalah poin-poin terpenting tentang perang antara Israel dan Hamas

  1. Israel melancarkan lebih banyak serangan udara ke Rafah meskipun ada peringatan dari sekutunya bahwa hal ini dapat menyebabkan banyak korban jiwa.

  2. Lima serangan udara Israel di Rafah pada hari Kamis menghantam setidaknya tiga rumah, menewaskan sedikitnya enam orang termasuk seorang jurnalis lokal, lapor petugas medis di daerah kantong Palestina yang terkepung.

  3. Pasukan pendudukan juga melanjutkan pemboman mereka di wilayah utara dan tengah daerah kantong tersebut, serta di timur kota Khan Yunis di selatan.

  4. Hamas mengatakan bahwa Israel tidak akan dapat mencapai tujuan yang dinyatakannya untuk mengalahkan kelompok Palestina dengan menginvasi Rafah.

  5. Ghazi Hamad, seorang pejabat senior Hamas, mengatakan kepada AFP, “Bahkan jika Israel masuk dan menyerang Rafah, mereka tidak akan mencapai apa yang diinginkannya.”

  6. Hamad mengatakan bahwa Israel “menghabiskan hampir tujuh bulan di Gaza dan menginvasi semua wilayah dan menghancurkan banyak wilayah, namun sejauh ini Israel belum mampu mencapai tujuan utamanya, apakah melenyapkan Hamas atau mengembalikan para tahanan.”

  7. Mesir dilaporkan telah meminta pertemuan lanjutan dengan Israel sebagai bagian dari upaya baru untuk menengahi perjanjian gencatan senjata dan pembebasan sandera di Jalur Gaza.

  8. Sumber tersebut mengatakan bahwa pertemuan antara pejabat Mesir dan Israel diperkirakan akan diadakan pada hari Jumat di Kairo, dengan pertemuan lebih lanjut dengan Hamas bergantung pada hasilnya.

  9. Otoritas kesehatan di Gaza mengatakan pada hari Kamis bahwa Israel telah membunuh sedikitnya 34.305 warga Palestina.

  10. Amerika Serikat dan 17 negara lainnya mengeluarkan seruan kepada Hamas untuk membebaskan seluruh sandera sebagai cara untuk mengakhiri krisis di Gaza.

READ  Puluhan tornado melanda Oklahoma. Puluhan orang terluka