SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

2.887 Bacaleg Lulus Verifikasi

  • Reporter:
  • Senin, 13 Agustus 2018 | 15:51
  • Dibaca : 321 kali
2.887 Bacaleg Lulus Verifikasi
ilustrasi

BATAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Kepri mengumumkan daftar caleg sementara (DCS) Pemilihan Legislatif 2019. Totalnya mencapai 2.887 bacaleg untuk tujuh DPRD kabupaten/kota dan Provinsi Kepri. KPU memberi ruang bagi masyarakat ikut memantau potensi bacaleg bermasalah yang masih terdaftar.

Total bacaleg sebanyak 2.887 orang itu merangkum DCS yang diumumkan delapan KPU daerah di Kepri di media massa selama tiga hari sejak Minggu (12/8) hingga Selasa (14/8).

KPU Kepri menetapkan DCS Pileg DPRD Kepri sebanyak 543 bacaleg, kemudian DCS Kota Batam sebanyak 692 bacaleg, DCS Tanjungpinang 414 bacaleg, DCS Karimun 364 bacaleg, DCS Bintan 267 bacaleg, DCS Natuna 214 bacaleg, DCS Lingga 207 bacaleg dan DCS Anambas 186 bacaleg.

Bacaleg yang terdaftar dalam DCS itu telah melalui tahap verifikasi yang berlangsung pada 1 Agustus-7 Agustus 2018 lalu. Selama tahapan itu tercatat ada 116 bacaleg yang dinyatakan KPU Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sehingga dicoret. Bacaleg untuk Pileg DPRD Kepri paling banyak dicoret yakni sebanyak 38 bacaleg dan Karimun paling rendah yakni 1 bacaleg.

Ketua KPU Provinsi Kepri Sriwati mengatakan DCS Pileg 2019 sudah diserahkan ke partai politik untuk dicek dan ditandatangani sebelum diumumkan ke publik. Setelah tahapan pengumuman DCS, KPU membuka tahapan masukan dan tanggapan masyarakat mulai 12 Agustus 2018 hingga 21 Agustus 2018. Tahapan ini menjadi ruang uji publik bagi masyarakat.

Masyarakat di Kepri bisa turut memantau potensi calon anggota legislatif bermasalah yang masih terdaftar dalam DCS. Bila tanggapan dan masukan dari masyarakat terbukti, bacaleg yang semula memenuhi syarat bisa menjadi Tidak Memenuhi Syarat dan dicoret dari DCS. “DCS bisa saja nantinya ada perubahan sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT). Kami menerima masukan dari masyarakat dan parpol bila ada kesalahan lalu akan dilakukan perbaikan,” papar Sriwati, kemarin.

Sementara KPU Kota Batam menetapkan sebanyak 692 bacaleg dalam DCS. Sebanyak 28 orang dicoret karena Tidak Memenuhi Syarat (TMS). KPU Kota Batam menyatakan pencoretan 28 bacaleg itu tidak mempengaruhi keterwakilan perempuan.

Komisioner KPU Kota Batam Zaki Setiawan menyatakan penetapan DCS itu sudah melalui penandatanganan berita acara kesepakatan partai politik peserta Pemilu 2019.

Dia mengatakan pengumuman DCS untuk mendapat masukan dan tanggapan masyarakat. Selain lewat pengumuman di media massa, DCS bisa juga diakses lewat situs kpud-batamkota.go.id.

KPU tidak akan sembarangan menerima masukan atau tanggapan masyarakat. Ada proses selektif hingga masukan atau tanggapan terhadap bacaleg bisa benar-benar ditindaklanjuti ke parpol pengusung. “Identitas pelapor harus jelas. Tanggapan bisa disampaikan secara tertulis dan diserahkan ke kantor KPU Kota Batam,” ujar Zaki.

Sesuai PKPU 5/2018 Tentang Program, Tahapan dan Jadwal, usai menerima masukan dan tanggapan masyarakat hingga menindaklanjutinya ke partai politik, KPU memberi ruang bagi partai untuk mengklarifikasinya, memberitahukan dan membuka ruang pengajuan penggantian bakal calon hingga memverifikasi bacalon pengganti tersebut. Adapun untuk akhir dari proses pencalonan ini dilakukan penyusunan DCT dan ditetapkan untuk kemudian diumumkan ke masyarakat.

Zaki menjelaskan dari hasil masukan dan tanggapan masyarakat, KPU akan meminta klarifikasi kepada partai politik mulai 22-28 Agustus 2018. Kewajiban partai politik untuk menyampaikan hasil klarifikasi tersebut kepada KPU tanggal 29-31 Agustus.

“Dari hasil klarifikasi yang disampaikan, pada 1-3 September KPU akan menyampaikan kepada partai politik jika ada DCS yang perlu diganti,” ungkap Zaki.

Sebanyak 28 orang bacaleg yang gugur yaitu satu orang dari partai Berkarya, PKPI sebanyak 15 orang, PSI dua oang, PBB sebanyak 8 orang, Partai Perindo satu orang, dan Partai Hanura satu orang.

Sedangkan KPU Kota Tanjungpinang menetapkan DCS sebanyak 414 orang. KPU mencoret sebanyak 17 orang bakal calon legislatif (bacaleg) karena dianggap tidak memenuhi syarat (TMS). Jumlah awal bacaleg yang mendaftar sebanyak 431 orang.

“17 orang bacaleg kami coret. Total yang ditetapkan sebagai DCS sebanyak 414 orang,” kata Komisioner KPU Tanjungpinang Bidang Teknisi dan Partisipasi Masyarakat Susanty, Minggu (12/8).

Untuk bacaleg yang dicoret, kata Susanty, 17 dari 16 partai politik yang mendaftar hanya tiga partai yang bacalegnya dicoret. Caleg dicoret karena dianggap tidak memenuhi syarat terdiri. Bacaleg itu yakni tiga orang caleg Partai Garuda, satu orang dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) satu orang, dan 10 orang dari Partai Garuda. “Bacaleg yang paling banyak dicoret dari Partai Berkarya, kalau Partai Garuda dan PSI hanya sedikit,” ujar Susanty. “Tahapan berikutnya 10 hari ke depan kita akan menunggu tanggapan masyarakat sampai 21 Agustus,” kata Susanty.

Di Karimun, satu orang Bacaleg dicoret dalam tahap verifikasi berkas perbaikan. KPU Karimun menetapkan DCS sebanyak 364 bacaleg. “Ada satu Bacaleg gugur karena tidak lengkapi persyaratan dan dua calon mengundurkan diri,” ujar Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko, Minggu (12/8) malam. Ia mengatakan satu orang bakal caleg dicoret karena tidak dapat menunjukkan ijazah SMA kepada panitia verifikasi, sehingga dia dinyatakan TMS. Sedangkan dua orang bacaleg mundur dalam tahap verifikasi. “Satu orang Bacaleg tereliminasi dari dapil 2 (Moro), karena tidak ada ijazah SMA yang dilampirkan. Sementara itu, ijazah perguruan tingginya ada. Dua calon yang mundur itu pada tahap penyusunan DCS,” ujar Eko.

Eko mengatakan setelah pengumuman, tanggapan dan masukan masyarakat akan ditindak lanjuti dan menentukan Daftar Calon Tetap Pemilu 2019 mendatang. “Kami akan menerima dan tampung tanggapan masyarakat. Misalnya ada bacaleg yang pernah tersandung kasus atau hal lainnya yang tidak termonitoring KPU, masyarakat boleh mengadukan kepada kita dan akan ditindaklanjuti,” papar dia. romi kurniawan/ricky robiansyah/m bunga ashab/sutana

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com