SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

319 JCH Tanjungpinang Periksa Kesehatan

  • Reporter:
  • Jumat, 15 Maret 2019 | 12:14
  • Dibaca : 61 kali
319 JCH Tanjungpinang Periksa Kesehatan
JCH Tanjungpinang saat menjalani pemeriksaan lanjutan di Puskesmas Batu 10, Tanjungpinang Timur. f ist

PINANG – Sebanyak 319 Jamaah Calon Haji (JCH) Tanjungpinang menjalani pemeriksaan kesehatan lanjutan di Puskesmas Batu 10, Tanjungpinang Timur, Rabu (13/3). Pemeriksaan tersebut juga sekaligus pemberian imunisasi meningitis dan flu kepada jamaah. “Tujuan pemeriksaan ini adalah dalam rangka pembinaan kesehatan jamaah calon haji serta melakukan identifikasi status jamaah yang bersangkutan,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanjungpinang, Rustam.

Ia mengatakan, pemeriksaan kesehatan pertama pada 13 Maret bagi jamaah dari Kecamatan Tanjungpinang Timur dan Bukit Bestari. Sedangkan pemeriksaan kesehatan pada 14 Maret bagi jamaah dari Kecamatan Tanjungpinang Barat dan Tanjungpinang Kota. Pemeriksaan kesehatan tersebut juga untuk memenuhi syarat istitaah yaitu mempunyai kemampuan dari segi fisik, biaya maupun keamanan. “Kepada para jamaah calon haji juga diberikan imunisasi meningitis dan flu secara gratis. Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh dokter terlatih dan dokter spesialis meliputi spesialis penyakit dalam, bidan, mata dan jiwa,” ujarnya.

Setelah pemeriksaan kesehatan ini, kata dia, nantinya akan ditetapkan empat kemungkinan status istitaah (kemampuan) JCH yakni memenuhi syarat istitaah, memenuhi syarat istitaah dengan pendampingan, tidak memenuhi syarat istitaah sementara dan tidak memenuhi syarat istitaah tetap. “Untuk jamaah haji istitaah pendampinang seperti berusia 60 tahun ke atas dan menderita penyakit tertentu,” katanya.

Untuk JCH tidak memenuhi syarat istitaah, kata dia, adalah kondisi yang dapat mengancam jiwa, gangguan jiwa berat dan jamaah yang sulit diharapkan kesembuhannya. “Untuk hasilnya saat ini belum diketahui, yang jelas kalau semua sudah diperiksa baru diketahui berapa yang jumlah empat ketegori tadi,” katanya.

muhammad bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com