SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Andap Ajak Jaga Keamanan Kepri Tercinta

  • Reporter:
  • Kamis, 11 Juli 2019 | 12:33
  • Dibaca : 89 kali
Andap Ajak Jaga Keamanan Kepri Tercinta
Artis ibukota Dewi Persik menghibur tamu undangan dan personel Polri saat perayaan Hari Bhayangkara ke-73 di Mapolda Kepri, Selasa (10/7). f dicky sigit rakasiwi

NONGSA – Berbagai acara hiburan semarakkan perayaan Hari Bhayangkara ke-73 di Mapolda Kepri, Rabu (10/7). Kegiatan diawali dengan upacara Hari Bhayangkara dengan tema “Dengan semangat Promoter pengabdian Polri untuk masyarakat bangsa dan negara”.

Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto bertindak sebagai inspektur upacara. Perayaan Hari Bhayangkara dihadiri oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan FKPD tingkat I Provinsi Kepri maupun tingkat II Kota Batam serta tokoh masyarakat, agama dan pemuda.

Upacara diawali dengan pembacaan sejarah singkat Polda Kepri oleh Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga. Dalam sejarah singkat dijelaskan pada Hari Bhayangkara ke-73 ini keberadaan Polda Kepri telah memasuki usia 14 tahun.

Lahir pada 3 Maret 2005 berdasarkan Surat Keputusan Kapolri No. Pol : Skep/09/III/2005 tentang pembentukkan Polda Kepulauan Riau dengan status Polda Persiapan dengan Kapolda Pertama Kombes Pol Anton Bahrul Alam. “Dan sampai dengan saat ini dipimpin oleh Inspektur Jenderal Polisi Andap Budhi Revianto yang merupakan Kapolda Kepri yang ke-12,” ujarnya.

Selanjutnya dalam rangkaian Upacara Hari Bhayangkara diberikan penganugerahan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 43/TK/2019 kepada 53 personel Polda Kepri dan jajaran yang diwakili oleh AKBP Dudus Harley Davidson, AKP Heri Sujati dan Aiptu Sri Hardono.

“Hari Bhayangkara ini merupakan hari yang penuh makna, hari yang bersejarah dan momen yang sangat berarti bagi kami. Kami memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja sama yang baik dalam menjaga kondisi Kamtibmas Kepri yang kita cintai bersama. Mari kita tetap solid dan sinergis,” kata Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto.

Kemudian, Andap membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dalam amanat dikatakan bahwa kerja keras dan pengabdian Polri, telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. “Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik,” ujarnya.

Bahwasanya Polri TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan pemerintah. Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman. “Mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadan dan Idul Fitri 2019,” katanya.

Selanjutnya dalam pengelolaan organisasi, Polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. Laporan keuangan Polri meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama enam tahun berturut-turut.

Acara dilanjutkan dengan acara tambahan pemotongan tumpeng dan pemberian penghargaan oleh Kapolda Kepri, Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Wakapolda Kepri Brigjen Yan Fitri Halimansyah kepada 45 Personel Polda Kepri berprestasi dan lima orang masyarakat yang telah membantu tugas-tugas kepolisian.

Kemudian dilanjutkan dengan peragaan bela diri pencak silat oleh personel TNI-Polri, Bhayangkari dan putra-putri personel Polri yang dengan terampil mematahkan batu batako menggunakan kaki, tangan, kepala dan mematahkan 73 tumpukan batako. Penampilan defile pasukan upacara dan kendaraan taktis polri dalam mendukung tugas di lapangan juga ditampilkan dalam uparaca.

Sebagai penutup rangkaian upacara, diakhiri dengan tarian kolosal Melayu yang diikuti oleh Kapolda Kepri dan seluruh tamu undangan serta pasukan upacara. Sekitar 1.700 orang menari bersama-sama. Upacara selesai dilanjutkan dengan acara syukuran Hari Bhayangkara ke-73 yang dimeriahkan oleh artis ibu kota, Dewi Persik. dicky sigit rakasiwi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com