SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

ATM Bank Mandiri Tak Bisa Diakses

  • Reporter:
  • Kamis, 16 Maret 2017 | 13:19
  • Dibaca : 1586 kali
ATM Bank Mandiri Tak Bisa Diakses
Seorang warga sedang mencoba menarik uang di ATM Mandiri. Foto Teguh Prihatna.

BATAM KOTA – Nasabah Bank Mandiri tak bisa bertransaksi melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM) sejak Rabu (15/3) pagi. Sejumlah ATM baik yang berada di sekitar bank maupun di tempat lain, seperti tempat perbelanjaan tak bisa diakses.

Warga Perumahan Cendana Batam Centre, Andrian mengaku tidak bisa mengakses ATM sekira pukul 08.00. Meski sudah mendatangi tiga ATM di kawasan tersebut, ATM tak bisa dilakukan untuk bertransaksi, baik itu untuk melihat saldo, penarikan tunai, transfer maupun melakukan pembayaran.

Ketika memasukkan kartu ke dalam ATM, tertera tulisan di layar monitor ‘Maaf untuk sementara ATM tidak dapat dipergunakan. Silahkan Anda mengunjungi ATM Mandiri terdekat. Apabila terjadi masalah pada kartu anda dll agar menghubungi call centre Bank Mandiri hanya di 14000 atau 021-52997777’.

“Awalnya saya kira hanya di ATM itu saja bermasalah,” ujarnya usai melakukan transaksi di ATM di SPBU KDA Batam Centre.

Andrian kemudian mencoba mencari ATM lainnya, meski sudah tiga kali mencoba di tempat lainnya, seperti di Indomaret Maditerania dan Pasar Botania, dia kembali mendapatkan hal sama dan tak bisa bertransaksi.

Senada disampaikan Leo. Warga Seibeduk ini hendak menarik uang ketika sedang berada di Bandara Hang Nadim, namun ketika masuk ke ATM Bank Mandiri, terdapat tulis pada kertas yang tertera di ATM bertuliskan ‘Pengumuman: Mohon maaf untuk sementara ATM tak bisa digunakan. Silahkan bertransaksi di ATM terdekat. PT Bank mandiri (Persero) Tbk. CO Batam Bandara Hang Nadim. “ATM-nya tak bisa diakses,” katanya.

Sedangkan untuk transaksi melalui fasilitas lainnya seperti SMS Banking tak mengalami kendala. “Saya barusan transksi di SMS banking, bisa diakses. Mungkin cuma ATM saja yang ada gangguan,” kata Leo.

Meski demikian, tak semua mesin ATM yang bermasalah. Rachman warga Sagulung masih bisa melakukan transaksi melalui ATM dan tak ada kendala. “Barusan narik di ATM SP Plaza. Bisa dan tak ada gangguan,” ujarnya.

Vice President Area Head Batam Brian A Nugroho yang dikonfirmasi KORAN SINDO BATAM mengatakan, macetnya akses ATM Bank Mandiri di Batam terjadi karena peningkatan sistem keamanan. Menurut dia, hal ini terjadi di seluruh Indonesia. “Ada 14 ribuan ATM di seluruh Indonesia yang mengalami kondisi ini. Untuk Batam ada 308 ATM,” ujarnya.

Bank Mandiri tengah melakukan lerbaikan dan peningkatan sistem keamanan ATM. Untuk itu, pihak Bank Mandiri mematikan sambungan jaringan sejumlah ATM secara bergiliran. Kondisi ini sudah berlangsung sejak Selasa (14/3) dan dipastikan akan normal kembali pada Kamis (16/3).

Dia memastikan tak akan ada masalah terkait keamanan. Tim Bank Mandiri akan berkeliling ke ATM-ATM yang ada untuk memastikan keamanan. “Malam ini (kemarin) pekerjaannya selesai. Besok (hari ini) sudah normal lagi,” ujarnya.

sarma haratua siregar

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com