SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Ayam Goreng Lengkuas, Lembut Dagingnya, Gurih Rasanya

  • Reporter:
  • Rabu, 12 April 2017 | 09:53
  • Dibaca : 440 kali
Ayam Goreng Lengkuas, Lembut Dagingnya, Gurih Rasanya
Ayam Lengkuas

Ayam goreng termasuk makanan favorit. Selain bergizi, dan lezat, memasaknya juga mudah. Ada banyak varian daging ayam bisa dinikmati, di antaranya ayam goreng bumbu lengkuas yang lembut dan gurih.

Setiap Jumat, ayam goreng lengkuas disuguhkan sebagai salah satu menu makan siang di Grand i Hotel Batam. Masakan Nusantara dan jajanan tradisional menjadi menu tematik hotel itu. Hidangan yang disajikan buffet ini dipilih karena pas di lidah orang Indonesia.

Mengolah ayam goreng lengkuas cukup mudah. Daging ayam dipotong dan diberi garam, merica, dan air perasan jeruk lemon. Tak ada bumbu khusus atau bumbu rahasia. Hanya bawang merah, bawang putih, kunyit untuk memberikan warna kuning emas pada ayam, kemiri, dan ketumbar. Semuanya dihaluskan.
“Bumbunya mudah dicari. Di pasar banyak,” kata Eri Irawan, Executive Chef Grand i Hotel, Batam, Selasa (11/4).

Bumbu dihaluskan dan ditumis di atas api kecil hingga harum. Lalu ditambahkan jahe dan lengkuas, sereh yang telah digeprek, daun salam serta daun jeruk. Sementara bumbu halus ditumis, daging ayam dibaluri garam dan merica. “Jangan lupa tambahkan perasan lemon untuk rasa dan penghilang bau amis,” ujar Eri.

Ayam yang telah diberi bumbu dan perasaan lemon didiamkan selama 30 menit. Lalu potongan daging ayam dimasukkan dalam tumisan bumbu. Sekitar 5-10 menit ayam diaduk rata agar bumbu meresap.

Terakhir diberi santan. Menurut Eri, santan yang digunakan merupakan santan instan. Meski begitu kualitas rasa santan tidak berkurang. Warnanya pun cukup sempurna. “Kalau menggunakan santan alami memang lebih nikmat. Tapi hasil akhirnya akan cepat basi,” ujarnya.

Agar dagingnya empuk merata, harus didiamkan beberapa menit. “Setelah itu bisa ditaburi merica halus dan garam sedikit untuk penyedap rasa,” kata Eri. Baru kemudian digoreng hingga garing bagian luarnya. Bumbu-bumbu rempah, terutama lengkuas, yang memberikan sensasi rasa gurih ayam goreng ini.
Ada Sayur Lodeh

Selain ayam goreng lengkuas, Grand i Hotel Batam juga menghidangkan sayur lodeh. Jenis sayur yang biasa tersaji di meja makan di rumah. Meski terbilang sederhana, tetapi rasanya menggugah selera. Sayur lodeh biasanya berisi aneka sayuran seperti labu siam, wortel, tempe, jagung, melinjo, terong, kacang panjang, dan cabai hijau.

Cara memasaknya pun biasa saja. Bumbu seperti lengkuas, daun salam, sereh, dan bumbu lain dihaluskan dan ditumis hingga harum. Kemudian bumbu dimasukkan ke dalam air mendidih. Setelah itu, diberi santan dan diaduk rata di atas api kecil.

Sayuran tadi dimasukkan kedalam rebusan bumbu, lalu dimasak hingga setengah matang. Lalu, terong dan kacang panjang dicemplungkan terakhir sambil dibubuhi garam dan gula pasir secukupnya. Masak dengan api sedang hingga kuah mengeluarkan sedikit minyak. Kemudian daun melinjo dimasukkan sambil diaduk-aduk hingga daunnya layu. Cicipi terlebih dahulu, apakah rasanya sudah pas atau belum. Jika sudah, angkat dan sajikan.

Untuk menikmati menu Nusantara ini, Grand i Hotel Batam menyajikannya hanya untuk makan siang di hari Jumat. “Karena Jumat memiliki waktu istirahat yang panjang. Waktunya pukul 11.30 sampai 14.30,” kata Antony Siregar, Ass. FB Manager Grand i Hotel. Harganya pun terbilang muran, hanya Rp55 ribu nett pengunjung dapat menikmati makanan sepuasnya alias all you can eat.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com