SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Banyak Alat Kesehatan Tak Layak Dipakai

  • Reporter:
  • Rabu, 6 Desember 2017 | 12:58
  • Dibaca : 390 kali
Banyak Alat Kesehatan Tak Layak Dipakai
Komisi IV DPRD Batam saat inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD Embung Fatimah, Selasa (5/12/2017). /M ARIEF RACHMAN

BATUAJI – Pelayanan kesehatan di RSUD Embung Fatimah kepada masyarakat masih belum maksimal. Selain ditemukan alat-alat pemeriksaan kesehatan tak layak pakai, stok obat-obatan juga banyak ditemukan kosong.

“Seharusnya alat-alat itu sudah waktunya dilakukan perawatan rutin, namun ini masih saja digunakan untuk pemeriksaan pasien. Padahal kalibrasi sangat penting, ini bisa membahayakan pasien nantinya,” kata Ketua Komisi IV DPRD Batam Djoko Mulyono yang menggelar inspeksi mendadak (sidak) bersama rombongan Komisi IV DPRD Batam di RSUD Embung Fatimah, Selasa (5/12/2017).

Djoko datang bersama anggota Komisi IV lainnya, seperti Riky Indrakari, Udin P Sihaloho, Safari Ramadan dan Marlon Brando. Sidak dilakukan berdasarkan laporan dari masyarakat terkait pelayanan yang kurang baik di RSUD Embung Fatimah. Dari pemeriksaan ke sejumlah ruangan, Dewan menemukan sejumlah peralatan medis yang sudah tidak layak pergunakan. Antara lain, kalibrasi (perawatan) mesin kesehatan sudah lewat dari masa seharusnya, bahkan ada beberapa mesin sudah lewat satu tahun tak dilakukan perawatan.

Sejumlah peralatan medis yang bermasalah di antaranya, mesin tensi meter di ruangan Unit Gawat Darurat (UGD), beberapa mesin untuk perawatan pasien di ruangan trauma center, alat perekam jantung dan lima unit mesin cuci darah di klinik cuci darah (Hemodialisa) yang sudah lewat satu tahun.

Selain melakukan pengecekan terhadap peralatan medis, rombongan juga mengecek ketersediaan obat-obatan yang ada di RSUD. Setelah di telusuri, ternyata benar hasilnya sama seperti yang dikeluhkan oleh masyarakat. “Sudah memprihatinkan memang, masa obat seperti parasetamol yang murah tidak ada di sini. Padahal obat seperti ini mudah ditemukan di warung dan apotek terdekat,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com