SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

BP Batam Ditarget Genjot Investasi

  • Reporter:
  • Selasa, 14 Januari 2020 | 13:37
  • Dibaca : 107 kali
BP Batam Ditarget Genjot Investasi
Kantor BP Batam. /DOK SINDO BATAM

BATAMKOTA – Pemerintah pusat terus mendorong Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk menggenjot investasi di Batam. Para pimpinan dan pejabat di lingkungan BP Batam diharapkan bisa bekerja keras untuk membangun Batam, sehingga bisa memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Sekretaris Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Susiwijono mengatakan, para pejabat di BP Batam baru saja dilantik sesuai dengan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang baru. Karena itu para pejabat yang baru dilantik bisa bekerja secara optimal untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Batam.

“Teman-teman (pejabat BP Batam) baru dilantik kemarin, jadi saya datang untuk memberikan arahan bagaimanan rencana pembangunan Batam ke depan,” ujarnya di Gedung Utama BP Batam, Senin (13/1).

Beberapa hal yang disampaikan Susi di antaranya terkait dengan prediksi ekonomi ke depan, baik itu perkembangan ekonomi global ataupun dinamika ekonomi secara nasional. Pihaknya berharap rencana Batam untuk tahun 2020 bisa sejalan dengan program nasional.

Pemerintah pusat sampai saat ini masih sangat optimistis dengan Batam. Melihat potensi yang ada, ia mengaku sangat yakin bahwa Batam akan bisa terus berkembang dan sebagai kota maju sesuai dengan yang diinginkan bersama.

“Tadi saya sampaikan program ke depan Batam seperti apa, termasuk program ekonomi jangka pendeknya harus bagaimana. Selain investasi dan ekspor, industri apa yang bisa dioptimalkan harus terus didorong,” katanya.

Susi juga menjelaskan bahwa pemerintah pusat saat ini terus menggesa penetapan penetapan dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Batam. Dua KEK Batam tersebut adalah Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) Batam Aero Technic (BAT) di Bandara Hang Nadim Batam dan KEK Nongsa Digital Park (NDP) di Nongsa.

Ditargetkan dalam beberapa bulan ke depan Peraturan Pemerintah (PP) sebagai landasan hukumnya selesai, sehingga bisa segera direalisasikan. Pihaknya yakin dengan adanya dua KEK di Batam nantinya dapat menambah dorongan untuk pertembuhan ekonomi Batam dan Kepri.

“Batam investasinya memang kami dorong betul dan hal ini sudah kita bahas secara detail dengan teman-teman di BP Batam,” katanya.

Kemudian, belum rampungnya PP dua KEK Batam tersebut karena menurut dia masih menuggu Rancagan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law yang masih digodok oleh pemerintah dengan DPR RI. Dimana di dalam RUU Omnibus Law beberapa pasal diatur juga terkait dengan KEK.

“Sehigga nanti bisa sejalan antara UU dengan PP, kalau ini sudah terealisasi kami yakin Batam akan hebat,” katanya.

Sebelumnya, pada KEK MRO, pemerintah telah bekerja sama dengan dua maskapai penerbangan nasional, yakni Lion Air dan Garuda Indonesia. Dari kerja sama tersebut, nantinya akan dibangun sekolah setingkat sekolah menengah kejuruan (SMK) guna meningkatkan sumber daya manusia yang ahli di bidang aviasi.

Kemudian, pemerintah juga berencana menggandeng Hollywood dalam pembangunan KEK Nongsa Digital Park. Hollywood dikenal lantaran industri perfilman yang telah diakui dunia. Dengan melibatkan Hollywood, diharapkan kualitas SDM dan minat investor di Batam meningkat. Di sisi lain, sektor pendidikan juga diharapkan dapat terdongkrak. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com