SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Daging Sapi Segar di Bintan Timur Rp170 ribu per Kg

  • Reporter:
  • Kamis, 22 Juni 2017 | 12:37
  • Dibaca : 529 kali
Daging Sapi Segar di Bintan Timur Rp170 ribu per Kg
Bupati Bintan Apri Sujadi sidak harga sembako di Pasar Barek Motor, Kijang, Bintan Timur, belum lama ini. /Dok SINDO BATAM

BINTAN TIMUR – Harga daging sapi segar di sejumlah pasar melambung hingga Rp170 ribu per kilogram (kg) atau naik Rp40 ribu dari harga sebelumnya di kisaran Rp135 ribu/kg. Kondisi tersebut dikeluhkan masyarakat, khususnya para ibu rumah tangga yang akan membeli untuk kebutuhan lebaran.

Zurai, salah seorang ibu rumah tangga yang sedang berbelanja di Pasar Barek Motor, Kijang, Kecamatan Bintan Timur kaget dengan melambungnya harga daging sapi segar.

“Naik sih naik tidak apa-apa. Tapi sampai Rp170 ribu/kg, itu membuat saya kaget. Hampir jantungan,” ujar Zurai, Rabu (21/6).

Menurut perkiraan Zurai, kenaikannya paling tinggi berkisar Rp150 ribu/kg, tidak mencapai Rp170 ribu. Dikarenakan tahun lalu harga tertinggi berkisar Rp135 ribu per kg. “Ini kenaikan tidak tanggung-tanggung. Empat puluh ribu rupiah per kilogramnya,” keluhnya.

Neli, warga lainnnya juga kaget dengan harga jual daging segar yang melambung tinggi. Namun, ia tidak bisa berbuat banyak, karena harus memasak rendang, mau tidak mau harus membelinya. “Bagaimana lagi, sudah menjadi kebiasaan tiap lebaran memasak rendang,” kata Neli.

Pemasok daging untuk wilayah Bintan-Tanjungpinang Tamrin mengatakan, kenaikan harga daging segar menurutnya bertahap. Hanya saja waktunya sangat pendek, yaitu dua minggu.

“Kenaikannya tidak langsung saja, mulai dari Rp135 ribu, Rp145 ribu, Rp155 ribu, Rp165 ribu hingga Rp170 ribu,” ujar Tamrin.

Penyebab kenaikan, kata dia, karena konsumen hanya membeli daging saja. Sedangkan jeroan tidak laku. Padahal pada hari-hari biasa jeroan laku dibeli konsumen. “Karena jeroan tidak laku, kami konversi ke harga daging. Itu penyebab kenaikan,” terangnya.

Sementara, Bupati Bintan Apri Sujadi didampingi Kapolres Bintan AKBP Guntur Sunoto, Dansatrad 213 Sri Bintan Letkol Irman Wiranto, Kasatpol PP Bintan Insan Amin, Kepala Dinas Kesehatan Gama, serta Kepala Ketahanan Pangan Khairul, melakukan inspeksi mendadak (sidak ) di Pasar Inpres dan Pasar Barek Motor, Kijang, Bintan Timur.

Beberapa komoditas yang tinjau Apri antara lain harga daging sapi, daging ayam, ikan segar, cabai merah, sayur, beras, tepung hingga telur ayam. Menurut dia, sidak bertujuan untuk melihat langsung apa yang dapat pemerintah daerah lakukan dalam menstabilkan harga komoditas kebutuhan masyarakat sehari-hari terutama mengantisipasi kelonjakan harga jelang Idul Fitri.

“Antisipasi harus dilakukan agar tidak terjadi lonjakan harga yang akan menimbulkan keresahan pada masyarakat,” kata Apri.

Pemerintah Daerah, kata dia, berkoordinasi dengan Jajaran kepolisian dan instansi terkait guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, yang akan menimbulkan kenaikan harga yang berdampak pada situasi kamtibmas yang kurang stabil.

Diketahui harga komoditas saat sidak tersebut antara lain harga daging ayam Rp36.000/Kg, harga daging sapi Rp170.000/kg, cabai merah Rp 30.000/kg, sayur ayam Rp 7.000/kg, ikan selar Rp30.000/kg, bawang putih Rp 30.000/kg, tepung terigu Rp 7.500/kg serta telur ayam Rp1.300/butir.

“Harga kebutuhan pokok yang beredar dipasaran, setiap harinya akan terus kita pantau. Utamanya sebelum dan sesudah lebaran,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com