SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Jungkir Balik+

Dendi Didakwa Pasal Berlapis

Dendi Didakwa Pasal Berlapis
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dendi Purnomo menutup muka saat digiring polisi usai diekspos. /TEGUH PRIHATNA

PINANG – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam menyatakan terdakwa Dendi Purnomo. mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam bersalah dalam sidang perkara pungutan liar (pungli) di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Kamis (11/1/2018).

Dalam persidangan, JPU juga membacakan surat dakwaan terhadap terdakwa Amir (sidang terpisah). Terdakwa Dendi dan Amir didakwa kombinasi alternatif oleh jaksa.

JPU Muhammad Chadafi Nasution menyampaikan, perbuatan terdakwa dilakukan pada Senin 23 Oktober 2017 lalu sekira pukul 14.00 bertempat di rumah terdakwa di Kompleks Pengairan Nomor 6 RT001/RW012 Kelurahan Tanjungriau, Sekupang. Terdakwa diperiksa dan diadili dengan pasal 35 ayat (2) Undang- Undang Nomor 46 tahun 2004 tentang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

“Menerima hadiah berupa uang senilai Rp25 juta, padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah tersebut diberikan sebagai akibat atau disebabkan karena telah melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya, yang bertentangan dengan kewajibannya,” kata Chadafi.

Chadafi menambahkan, perbuatan terdakwa melanggar tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam dalam pasal 12 huruf b UU RI Nomor 20 Tahun 2011 perubahan atas UU RI Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Selanjutnya, perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 5 ayat (2) UU RI Nomor 20 Tahun 2011 perubahan atas UU RI Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Dan, perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 11 UU RI Nomor 20 Tahun 2011 perubahan atas UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Menyatakan terdakwa didakwa dalam dakwaan primair kesatu dan kedua, dan atau subsidair,” ujarnya saat membacakan surat dakwaannya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com