SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dishub Harus Bertindak Tegas

  • Reporter:
  • Selasa, 18 Februari 2020 | 11:29
  • Dibaca : 92 kali
Dishub Harus Bertindak Tegas
Rm, sopir angkot Bimbar digiring anggota Satlantas Polresta Barelang ke sel tahanan Polresta Barelang, Senin (17/2).

SEIBEDUK – DPRD Batam meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam bertindak tegas terhadap angkutan kota (angkot) Bimbar ugal-ugalan dan tak laik jalan. Sanksi tegas harus diberikan, bahkan hingga pencabutan izin operasi.

Wakil Ketua III DPRD Kota Batam, Rohaizat mengatakan, DPRD Batam akan memanggil Dishub Batam, badan usaha angkutan umum dan kepolisian serta pihak lainnya untuk menggelar rapat dengar pendapat (RDP) terkait kecelakaan maut di Bukit Daeng.

“Insya Allah besok (hari ini) Komisi III mau RDP dengan Dishub, kepolisian, dan pengelola Bimbar,” ujarnya.

Ia mengaku sangat menyayangkan sikap Dishub Batam yang tidak tegas dalam menyikapi atau pun menindaklanjuti persoalan angkutan umum yang tidak laik jalan di Batam. Apalagi alasan kepentingan ekonomi para sopir ataupun badan usaha.

“Sebenarnya kami kasihan juga, tapi kita harus menegakkan aturan yang ada. Kita harus cepat, karena udah sangat meresahkan,” tegas Rohaizat.

Sejatinya kelayakan transportasi umum ini menyangkut ketertiban lalu lintas, dan masalah keselamatan. Sehingga Dishub Kota Batam harus bertindak tegas. “Kami sangat prihatin, sampai menimbulkan korban jiwa,” ujarnya.

Sejauh ini pihaknya memang belum mendapatkan laporan secara tertulis mengenai kecelakaan angkutan umum yang tidak laik jalan tersebut. Namun secara langsung laporan sudah sering didengar dari masyarakat Kota Batam. “Sudah kami bahas di grup WA komisi III tadi. Intinya, kami berharap pihak yang berwajib menindak tegas sopir Bimbarnya. Sewaktu RDP juga kami akan telusuri, apakah izin, uji kir sudah sesuai apa belum,” katanya.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengaku sudah mendengar terkait kecelakaan tersebut. Namun, ia belum bisa berkomentar banyak. Ia mengatakan langsung memanggil Kepala Dishub Batam Rustam Effendi untuk mengetahui kronologis kejadian.

“Kasih saya waktu dulu, karena saya belum mendapatkan informasi yang lengkap. Dishub sudah saya panggil, nanti baru saya akan ambil keputusan,” katanya.

Kepala Dishub Kota Batam Rustam Effendi mengatakan, pihaknya sudah sering menertibkan kendaraan yang tidak memiliki izin jalan yang lengkap. Namun, usaha tersebut sia-sia karena keluarga sopir dan pemilik kendaraan datang meminta agar dilepaskan dengan alasan ekonomi.

“Kami pernah tangkap puluhan angkutan umum yang tak laik jalan itu. Habis itu datang keluarganya semua ngumpul. Ini bicara soal kemanusiaan lagi. Jadi bukan tidak ada solusi dari kami,” kata Rustam.

Pihaknya sedang melakukan pendataan terkait jumlah kendaraan yang sudah tidak laik dan sebagainya. Rustam menargetkan tahun 2025 nanti tidak ada lagi angkutan umum yang tidak laik beroperasi di jalan. “Kami sudah data bus yang laik dan tak laik. Tahun 2025 nanti semoga sudah bersih,” katanya.

Kakak Tewas, Adik Kritis

Kecelakaan maut di tanjakan Bukit Daeng akibat aksi ugal-ugalan sopir angkot Bimbar memakan korban pasangan kakak beradik. Sri Wayhuni, karyawati PT Epson tewas di lokasi kejadian. Sedangkan adiknya Ria, karyawati PT Surya Teknologi Batam saat ini kritis di RS Chamanta Sahidya, Mukakuning. Saat kejadian, keduanya berboncengan naik sepeda motor Honda Beat BP 3384 QO Hitam dari Simpang Tembesi menuju Kawasan Industri Batamindo, Mukakuning. Ria yang membawa motor mengalami patah kaki. Tragisnya sang kakak yang lima hari lagi akan melangsungkan akad nikah tewas seketika.

Masih ada tiga sepeda motor lainnya yang menjadi korban ugal-ugalan Rm (30), sopir angkot Bimbar BP 7601 DU yang saat kejadian mengalami rem blong. Pengendara dan penumpang sepeda motor tersebut, lima mengalami luka ringan dan satu mengalami luka berat. Bahkan hasil pemeriksaan polisi, mobil angkot Bimbar yang dikemudikan Rm sudah sejak tahun 2018 tak melakukan uji kir. Lemahnya pengawasan Dishub Batam, angkot tak laik jalan ini masih tetap saja bisa beroperasi membawa penumpang di jalanan.

Peristiwa kecelakaan ini membuat arus lalu lintas macet dan antrean kendaraan mencapai satu kilometer, baik dari arah Batuaji-Mukakuning dan sebaliknya. Bahkan untuk mengevakuasi korban Sri Wahyuni, mobil angkot terpaksa harus digulingkan karena korban terjepit di bawah kolong mobil. Jenazah Sri yang tewas di tempat, dievakuasi ke RSUD Embung Fatimah, Batuaji. Sementara Ria dilarikan ke RS Camatha Sahidya.

Kedua gadis tersebut merupakan warga Batam asal Magetan. Ketua Paguyuban Warga Magetan (Ki Mageti), Nur Wahid menuturkan, saat kecelakaan maut itu terjadi, Sri diboncengkan oleh adiknya. “Adik Sri kini mengalami patah tulang dan mendapatkan perawatan insentif,” katanya.

Rencananya Sri bakal menikah 22 Februari nanti di Magetan, Jawa Timur. Ia dipinang pujaan hatinya bernama Arif Wijanarko. Bahkan undangan telah disebar. Kemarin, merupakan hari terakhir Sri bekerja, sebelum pulang ke Magetan untuk prosesi pernikahan. “Iya, Sri rencananya akan menikah dengan pacarnya di Magetan,” ujar seorang kerabat Sri.

Kasat Lantas Polresta Barelang Kompol Muchlis Nadjar mengatakan, pihaknya sudah menahan Rm sopir dan mengamankan angkot bimbar maut tersebut. “Sopir angkot sudah kami tahan. Kasusnya sedang ditangani unit laka lantas,” ujarnya.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kepri Kombes Pol Mujiono mengatakan, pihaknya akan menurunkan tim khusus untuk melakukan razia mencegah terjadinya laka lantas. “Kami akan bekerja sama dengan stakeholder lainnya untuk mencari jalan terkait Bimbar ini, karena angkutan umum tersebut juga berkaitan dengan Dishub untuk izin uji kir,” katanya.

Ia mengimbau para pengguna jalan raya untuk mematuhi aturan lalu lintas guna menghindari hal serupa terjadi lagi. Untuk angkutan umum Bimbar ini juga akan diberikan pengarahan lagi agar tidak ugal ugalan dalam berkendara.

“Kami cek nanti para sopir angkutan umum, kami minta jangan ugal ugalan,” tutupnya. iwan sahputra/ahmad rohmadi/dicky sigit rakasiwi/sindobatam.com

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com