SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Enam Warga Binaan Terima Remisi Bebas

  • Reporter:
  • Rabu, 7 Agustus 2019 | 14:17
  • Dibaca : 118 kali
Enam Warga Binaan Terima Remisi Bebas
ilustrasi

KARIMUN – Sebanyak enam warga binaan Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun menerima remisi bebas saat HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Rencananya, remisi akan langsung diserahkan Bupati Karimun Aunur Rafiq pada 17 Agustus nanti.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun Novi Irwan mengatakan, pengajuan remisi umum untuk warga binaan ini sudah dilakukan dan disetujui oleh Kemenkumham. “Ada 180 warga binaan kita usulkan kemarin dan disetujui oleh Kemenkumham. Enam di antaranya akan langsung bebas setelah dipotong masa tahanan,” kata Novi, Selasa (6/8).

Ia mengatakan, Remisi tersebut diberikan kepada warga binaan yang telah menjalani masa hukumannya dengan baik dan tidak melanggar aturan dalam rutan. “Mereka telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, di antaranya adalah persyaratan telah menjalani pidana minimal 6 bulan dan tidak terdaftar pada register buku catatan pelanggaran disiplin narapidana serta turut aktif mengikuti program pembinaan,” katanya.

Ia menyebutkan, besaran remisi yang diberikan kepada warga binaan antara lain 1 bulan, 2 bulan, hingga 6 bulan. “1 bulan ada 67 orang, 2 bulan 52 orang, 3 bulan 36 orang, 4 bulan 18 orang dan 6 bulan 7 orang. Masa pemberian remisi berdasarkan lamanya warga binaan telah menjalani masa tahanan,” katanya.

Novi mengatakan, warga binaan yang mendapatkan remisi itu antara lain dua orang Warga Negara Asing (WNA) Malaysia dengan kasus narkoba, dan empat orang WNI dengan kasus pencurian.

“Mereka telah menjalani masa tahanan cukup lama, dan dengan mendapatkan remisi ini mereka memiliki hak untuk bebas,” katanya.

ernis hutabarat

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com