SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Gubernur Ancam Cabut Izin PT Soma dan KPP

  • Reporter:
  • Selasa, 20 Maret 2018 | 11:09
  • Dibaca : 812 kali
Gubernur Ancam Cabut Izin PT Soma dan KPP
Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengunjungi Karimun.

MERAL BARAT – PT Soma Daya Utama dan PT Karimun Power Plant (KPP) diminta serius berinvestasi. Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengancam tidak memperpanjang izin kedua perusahaan itu jika tidak segera memasang jaringan listrik di zona I dan II.

“Sebenarnya ini sudah kami wanti-wanti sejak dulu. Makanya, kalau memang mereka tidak ada upaya, akan kita serahkan nanti kepada PLN, biar PLN yang melakukan pelayan. Toh juga saat ini PLN kondisinya surplus,” katanya saat peresmian Jalan Parit Rampak, Meral Barat, Minggu (18/3/2018).

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Soma Karimun dengan kapasitas 2×25 MW ditargetkan beroperasi awal 2020, mundur dua tahun. PLTU ini akan melayani kebutuhan listrik di zona I Karimun dengan luas sekitar 30 kilometer persegi.

Pembangunan PLTU Soma Karimun diresmikan Gubernur Kepri pada 21 Maret 2016 dan awalnya ditargetkan selesai 2018. Saat itu gubernur mengaku tak ingin ‘trauma batu pertama’ terkait pembangunan kelistrikan, seperti halnya pembangunan interkoneksi Batam-Bintan. Dia punya pengalaman pahit setelah peletakan batu pertama, namun kelanjutan pembangunannya tidak jelas. Akibatnya rakyat yang sangat mendambakan tambahan daya listrik tak kunjung usai.

Nurdin mendesak kedua perusahaan swasta tersebut segera mempersiapkan segala kebutuhan. Mulai dari pemasangan jaringan listrik pada dua zona tersebut.

“Kami juga mendengar saat ini ada persoalan masalah penyambungan baru. Makanya kami harapkan mereka (PT Soma Daya Utama dan PT Karimun Power Plan) menunjukkan itikad baiknya. Silakan siapkan segera jaringannya,” tegasnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com