SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Hanya 20 Titik Terpantau CCTv

  • Reporter:
  • Senin, 27 Mei 2019 | 10:42
  • Dibaca : 78 kali
Hanya 20 Titik Terpantau CCTv
Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad saat meninjau CCTv Batam.

SEKUPANG – Pemko Batam bersama instansi terkait mencatat ada sebanyak 350 titik rawan kejahatan yang tersebar di seluruh Batam. Dari ratusan lokasi, hanya 20 titik terpasang Closed Circuit Television (CCTv) untuk memantau aksi kejahatan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam, Salim mengatakan, pihaknya belum memprioritaskan anggaran untuk menambah kamera pengintai di sejumlah titik rawan yang ada di Batam.

Walaupun diakuinya bahwa Batam saat ini dibutuhkan banyak CCTv di sejumlah ruas jalan atau titik-titik rawan tindak kejahatan. Terbatasnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) memang menjadi salah satu faktor belum adanya penambahan CCTv.

“Tahun 2016 lalu kami sebenarnya sudah mengusulkan 40 lokasi pemasangan CCTv, masukan dari kepolisian, Dishub dan Kecamatan. Tapi yang disetujui memang baru 20 lokasi,” ujarnya, Minggu (26/5).

Ia menambahkan, untuk tahun ini yang dianggarkan hanya untuk perawatan CCTv sekitar Rp200 juta. Begitu juga untuk tahun depan belum ada rencana penambahan CCTv baru. Pihaknya mengaku tidak akan tinggal diam. Diskominfo saat ini masih mencoba koordinasi dengan swasta atau bank.

Perusahaan-perusahaan atau bank biasanya memiliki anggaran Corporate Social Responsibility (CSR), sehingga jika dimungkinkan bisa untuk membantu Pemko Batam dalam pemasangan CCTv. Hanya saja tentu harus tetap sesui dengan aturan yang ada.

“Kami coba memang dari CSR perusahaan, karena setiap perusahaan sudah pasti memiliki anggaran untuk CSR,” jelasnya.

Menurut Salim, tahun 2017 lalu Pemko Batam memasang 36 unit CCTv yang disebar di 20 titik rawan di Batam. Anggaran yang dikeluarkan saat itu khusus pengadaan peralatan 36 unit CCTv lebih kurang Rp1,176 miliar.

Titik CCTv yang dipasang saat itu, yakni di atap Kantor Wali Kota Batam, Simpang Lampu Merah Kejaksaan, Pos Satpol DPRD Batam, Gerbang Selatan Engku Putri, Gerbang Utara Engku Putri, Bundaran Madani, Simpang Kuda Seipanas, Depan Nagoya Plaza, depan Pasar Induk Jodoh, dan jalur lambat Sukajadi.

Kemudian depan Perumahan Casablanca, Pura Amerta Buana Seiladi, Simpang Tiga Seiladi, tanjakan Southlink, Simpang Pelabuhan Domestik Sekupang, depan Perumahan Delta Villa Tiban Koperasi, Mata Kucing, depan SP Plaza Batuaji, depan Pelabuhan Punggur dan pertigaan Sambau. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com