SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Imigrasi Karimun Deportasi Tiga Warga Vietnam

  • Reporter:
  • Jumat, 13 Juli 2018 | 10:22
  • Dibaca : 103 kali
Imigrasi Karimun Deportasi Tiga Warga Vietnam
Petugas Imigrasi Karimun menggiring tiga warga Vietnam yang melanggar izin tinggal di Indonesia, belum lama ini. f ricky robiansyah

KARIMUN – Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun mendeportasi tiga warga Vietnam yang ditangkap karena melanggar izin tinggal di Indonesia, Kamis (5/7/2018).

Kepala Seksi Informasi Dan Sarana Komunikasi Keimigrasian (Insarkomkim) Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, Ryawanti Nurfatimah mengatakan, ketiga warga Vietnam itu dipulangkan ke negara asalnya melalui Jakarta. Dari Karimun, mereka terlebih dahulu dibawa petugas ke Batam dan kemudian diterbangkan ke Jakarta.

“Mereka dideportasi tidak lewat Kedubes Vietnam karena sudah ada tiketnya,” ujarnya.

Pendeportasian tiga warga Vietnam ini karena mereka kedapatan telah melanggar aturan keimigrasian di Indonesia, dan nekat bekerja di Karimun dengan hanya menggunakan bebas visa kunjungan.

“Mereka dicekal tidak boleh masuk ke Indonesia selama enam tahun,” ujar Rya.

Penanangkapan ketiganya dilakukan saat petugas melaksanakan pengawasan di kawasan Meral. Kecurigaan petugas muncul di saat melihat Ttm dan Hvn di sebuah ruko sedang menggunakan pakaian yang kotor layaknya melakukan aktivitas kerja.

Dari hasil pemeriksaan ternyata keduanya bekerja sebagai teknisi mesin kapal tangkap ikan. Setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan di lokasi, petugas menemukan seorang lagi warga negara Vietnam, Tdc yang berperan sebagai penghubung antara kedua rekannya dengan orang pihak Indonesia.

Pemeriksaan pihak Imigrasi, Tt dan Hv pernah masuk ke Karimun pada 5 Juni dan keluar pada 27 Juni menggunakan bebas visa kunjungan. Keduanya masuk kembali melalui Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun keesokan harinya, atau 28 Juni lalu bersama Td. ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com