SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Impor Beras Atasi Kenaikan Harga

Impor Beras Atasi Kenaikan Harga
Ilustrasi Foto Teguh Prihatna.

BATAM KOTA – Pemko Batam berharap pemerintah segera membuka impor beras untuk menekan kenaikan harga. Terlebih saat ini, harga beras di pasaran sudah melebihi harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah dan terus membebani masyarakat.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengatakan, hal ini sangat dibutuhkan mengingat stok beras di Kota Batam sangatlah sedikit, dan berdampak langsung dengan harga beras yang cukup tinggi di pasaran.

Padahal beras merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat setiap harinya. keterbatasan ini yang akhirnya membuat harga beras melambung tinggi dan masyarakat terbebani. Mereka sangat berharap pemerintah bisa segera menangani persoalan ini. “Kami berharap keran impor dibuka,” ujarnya di Batam Centre, Rabu (7/2/2018).

Saat ini harga beras kualitas menengah di Batam mencapai Rp14.000 per kg, dan terus meningkat sejak awal tahun. Sebelumnya, harga beras menengah hanya sekitar Rp10.000 per kilogram. Sementara berdasarkan putusan Menteri Perdagangan, HET beras kualitas menengah untuk wilayah Sumatera Rp9.950 per kg.

Dia menambahkan, distributor sulit menekan harga beras, bila pemerintah tidak membuka keran impor karena biaya transportasi yang mahal. “Harga di daerah asal Rp8.000, sampai di sini paling rendah Rp10.000 hingga Rp11.000,” kata mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Batam ini.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com