SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

KKP Angkat Harta Karun di Natuna

  • Reporter:
  • Senin, 9 Oktober 2017 | 10:00
  • Dibaca : 163 kali
KKP Angkat Harta Karun di Natuna
Sejumlah artefak kuno yang diangkat dari situs Kelarik Dalam, perairan Karang Semapi, Natuna akhir pekan kemarin. /dok.kementerian kelautan dan perikanan

NATUNA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Pemkab Natuna menyelamatkan harta karun dalam Kegiatan Pengangkatan Situs Arkeolog Maritim dan Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) di kawasan Kelarik. Pengangkatan tersebut dilakukan pada situs Kelarik Dalam, Perairan Karang Semapi Natuna yang telah dilakukan pada 6 sampai 12 September 2017.

Kepala Pusat Riset Kelautan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) KKP Riyanto Basuki menjelaskan, kegiatan pengangkatan harta karun atau artefak ini adalah sebuah upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengamankan situs-situs bersejarahArtefak yang diselamatkan terdiri dari keramik dengan bahan dasar porselain berglasir hijau dan putih serta sejumlah koin China dari Masa Kekaisaran Zhenzong (997-1022).

“Artefak tersebut pernah ada dari Masa Dinasti Song-Yuan, yang se jaman dengan Masa Kerajaan Sriwijaya (988-1025) di Indonesia.” ungkap Riyanto seperti dikutip dari keterangan tertulis akhir pekan kemarin.

Artefak tersebut diperkirakan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Untuk melakukan pengangkatan artefak tersebut perlu dilakukan sebuah identifikasi dan analisa lebih lanjut, seperti persiapan model konservasi artefak, sampai memikirkan dampak apa saja yang akan terjadi pada saat melakukan pengangkatan artefak ke atas permukaan air.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com