SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Mangkir, Hakim Perintahkan Jaksa Jemput Paksa Nasihan

Mangkir, Hakim Perintahkan Jaksa Jemput Paksa Nasihan
Terdakwa Syafei saat menjalani persidangan di PN Tipikor Tanjungpinang. Mohammad Nasihan saat dibekuk oleh Kejati Kepri beberap waktu lalu. /M BUNGA ASHAB

PINANG – Majelis hakim memerintahkan jaksa penuntut umum (JPU) menjemput paksa Mohammad Nasihan untuk memberikan kesaksian terhadap terdakwa Syafei di Pengadilan Negeri Tipikor Tanjungpinang, Kamis (8/3). Nasihan, Penasehat Hukum PT Bumi Asih Jaya (BAJ) sudah dua kali mangkir pada persidangan.

“Sudah dua kali tidak hadir, alasannya sakit terus. Saya peritahkan penuntut umum agar sidang berikutnya saksi Nasihan dijemput paksa,” kata Hakim Ketua Corpioner, didampingi Hakim Anggota Guntur Kurnian dan Suherman.

Nasihan, tersangka korupsi dan pencucian uang diketahui memindahkan uang asuransi PNS Pemko Batam sebesar Rp55 miliar dari rekening bersama ke rekening lain. Dia menguras uang hak PNS Batam secara bertahap.

Kesaksian Triana Hafsari selaku Kepala Cabang PT Bank Mandiri Cabang Menteng, Jakarta Pusat dalam perkara terdakwa Syafei menyebut uang Rp55 miliar itu dipindahbukukan oleh Nasihan secara bertahap dalam kurun waktu 3 Oktober 2014 sampai 31 Mei 2015. Nilai nominal dalam sekali pemindahbukuan itu mulai dari Rp500 juta sampai dengan Rp5 miliar. Tersangka memindahkan dana tersebut menggunakan cek yang dia tandatangani bersama Syafei.

Corpioner menilai Nasihan menghalang-halangi dan mempersulit jalannya persidangan. Dia memerintahkan agar penuntut umum memperberat hukumannya dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi dan pencucian uang sebesar Rp55 miliar dalam perkara asuransi kesehatan (Askes), Tunjangan Hari Tua (THT) PNS, dan tenaga harian lepas (THT) Pemko Batam.

“Kami akan surati agar dipanggil paksa. Majelis melihat saksi sudah mempersulit persidangan. Penuntut umum bila perlu dicatat untuk memperberat hukumannya nanti,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com