SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Memahami Tubuh lewat Yoga

  • Reporter:
  • Kamis, 6 April 2017 | 09:48
  • Dibaca : 553 kali
Memahami Tubuh lewat Yoga

Bagi Evi Eliyana, tubuh adalah investasi seumur hidup yang harus dijaga. Sayangnya, tak banyak orang paham akan kebutuhan tubuh sendiri. Lewat yoga, Evi mengajak orang untuk memahami tubuh.

Nama Evi Eliyana dikenal sebagai instruktur yoga di Batam. Ia membuka kelas mengajar yoga bagi para wanita eksekutif muda yang ingin menjaga kesehatan di sela kesibukan mereka. Ada kelas pagi dan kelas malam sehingga memudahkan para yogis, sebutan bagi pelaku yoga, untuk mengatur waktu olahraga sesuai kebutuhan masing-masing.

Evi mencoba mengakomodasi waktu sempit yang mereka punya dengan menyediakan dua kelas itu. Dengan begitu mereka bisa mengatur waktu untuk bekerja di kantor, berkumpul bersama keluarga, bersosialisasi, dan berolahraga.

Prana Yoga adalah studio tempat Evi mengajarkan yoga. Lokasinya di Ruko Grand Niaga Mas Blok C 70-71, Batam Centre. Studio ini sudah beroperasi sejak 2015. Kini kurang lebih 30 yogis berlatih bersamanya.

“Tubuh adalah investasi seumur hidup yang harus dijaga. Namun tidak banyak orang yang mencoba untuk jujur terhadap apa yang dibutuhkan tubuh. Mulai sekarang, belajarlah untuk memahami tubuh Anda,” ujar Evi.

Awal ketertarikan Evi pada yoga yaitu saat usianya menginjak 40 tahun, sekitar lima tahun lalu. Usia yang tidak muda lagi bukan penghalang bagi ibu satu anak ini untuk menekuni olahraga asal India ini. Evi lalu mengambil sertifikasi khusus yoga di Singapura pada 2014.

Yoga adalah olahraga fisik yang diiringi dengan olah napas (pranayama). Selama melakukan gerakan yoga (asanas), para yogis harus melakukan pernapasan yang benar (ujayyi breathing). Gerakan yoga sangat baik untuk tubuh bagian punggung, sendi tulang, dan organ bagian dalam tubuh.

Pada pose inversion, kepala di atas dan kaki dibawah, tubuh memberikan kesempatan untuk darah mengalir ke kepala. Pose ini juga membersihkan limpa yang berfungsi membuang racun dari tubuh sehingga membuat tubuh lebih segar. Dengan melakukan gerakan yoga secara rutin dan terus menerus, tubuh menjadi sehat dan awet muda.

Namun mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat tidak mudah. Evi memberikan tips yang mudah untuk diikuti. Pertama, menjaga pola makan yang baik dan memperbanyak minum air putih serta mengkonsumsi buah.

Kedua, olahraga cukup untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Salah satu pilihannya adalah yoga. Ketiga, tidur malam yang cukup. Terakhir dan terpenting, selalu berpikir positif.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com