SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Ombudsman Ajak Masyarakat Kritisi Layanan Publik

  • Reporter:
  • Senin, 27 Agustus 2018 | 10:32
  • Dibaca : 296 kali
Ombudsman Ajak Masyarakat Kritisi Layanan Publik
Kepala Perwakilan Ombudsman Kepri Lagat Parroha Patar Siadari memberikan sambutan pada sosialisasi di Hotel Aston Karimun. F ernis

KARIMUN– Ombudsman Kepri mendorong partisipasi masyarakat Karimun untuk lebih peduli mengawasi pelayanan publik. Hal itu sebagai bentuk perwujudan pembangunan negara Indonesia.

Kepala Perwakilan Ombudsmen Kepri Lagat Parroha Patar Siadari merasa optimis Indonesia menduduki posisi 10 besar sebagai negara kunci ekonomi dunia pada tahun 2035. Namun hal itu hanya bisa tercapai jika seluruh masyarakat berkomitmen melakukan perubahan melalui pelayanan publik yang ada.

Hal itu disampaikannya kepada puluhan Sahabat Ombudsman yang tergabung dari mahasiswa, media organisasi pemuda dan pelajar saat menggelar Training of Trainer di Hotel Aston Karimun, Sabtu (25/8).

Menurutnya, kendala besar bangsa Indonesia saat ini adalah korupsi. Hal ini menjadikan Indonesia sulit bersaing dengan negara lain. Kehadiran Ombudsman tak lain untuk mengawasi agar tak ada koruptor.

“Contohnya urusan surat menyurat dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga dinas sering tak transparan. Ini menjadikan ruang untuk korupsi,” kata dia.

Lagat mengatakan untuk itu pihaknya membutuhkan Sahabat Ombudsman, untuk memerangi maladminstrasi yang selama ini menyengsarakan rakyat.

“Bila tindakan ini ditemukan silakan Sahabat Ombudsman melaporkan ke kita,” pesannya

Terpisah, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim menyambut baik kehadiran Ombudsman yang sudah memberikan masukan dan arahan tentang tata cara dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Dia berharap tunjuk ajar yang diberikan Ombudmas dapat mengubah pelayanan agar lebih baik.

“Ke depan akan kita jalin komunikasi yang baik sehingga apa yang kita harapkan tentang pelayanan publik terwujud dengan baik,”kata Anwar Hasyim usai acara bakti sosial yang digelar Ombudsman Kepri di Coastal Area, Minggu (26/8).

Berbagai kegiatan dilakukan dalam bakti sosial tersebut, ada senam zumba, cek darah gratis, serta pembagian sertifikat kepada pemenang lomba foto, karya tulis dan pidato. Panitia juga menyediakan kain putih untuk membutuhkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan memberantas maladminstrasi.

Pada kesempatan itu, Ombudsman Kepri juga mengukuhkan Ernis P Hutabarat, wartawan KORAN SINDO BATAM menjadi Ketua Geng Sahabat Ombudsman Karimun. Pelantikan dilakukan Kepala Perwakilan Ombudsman Kepri Lagat Siadari dan disaksikan Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Sekda Karimun M Firmansyah serta organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com