SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pendaftaran Panwascam Diperpanjang

  • Reporter:
  • Kamis, 5 Desember 2019 | 09:33
  • Dibaca : 92 kali
Pendaftaran Panwascam Diperpanjang
ilustrasi

ANAMBAS – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Anambas memperpanjang masa pendaftaran calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Pasalnya, selama periode 27 November hingga 3 Desember, hanya 4 kecamatan saja pendaftar yang memenuhi kuota, sementara 6 kecamatan lainnya belum terpenuhi.

“Yang mendaftar sebenarnya ramai, ada sebanyak 64 orang. Tetapi pendaftar ini berasal dari 4 kecamatan saja yaitu, Siantan, Siantan Timur, Palmatak dan Siantan Tengah. Sementara 6 kecamatan lagi yang terdiri dari Jemaja, Jemaja Barat, Jemaja Timur, Kute Siantan, Siantan Selatan dan Siantan Utara masih kosong,” kata Ketua Bawaslu Anambas, Yopi Susanto, Rabu (4/12).

Untuk memenuhi kuota yang masih kosong itu, Bawaslu Anambas akan melakukan perpanjangan sampaj tanggal 10 Desember mendatang. “Kita sudah sepakati untuk memperpanjang pendaftaran mulai 6 Desember hingga 10 Desember,”ujarnya.

Yopi mengakui, letak dan geografis menjadi salah satu alasan sejumlah warga belum mengantarkan berkas pendaftaran. Kemudian alasan lain yang cukup memberatkan calon pelamar yaitu harus memenuhi surat keterangan sehat rohani dan bebas dari narkoba.

“Menurut saya ini yang menjadi kendala bagi calon pelamar. Untuk itu, kami akan jemput bola dan langsung turun ke lapangan untuk meningkatkan antusias masyarakat sebagai Panwascam,” jelasnya.

Yopi pun mengimbau kepada masyarakat agar turut berpartisipasi dalam menyukseskan Pilkada 2020 mendatang. Terutama peranan masyarakat dalam pengawasan Pemilukada sangat diperlukan.

“Untuk menyukseskan Pemilukada nanti tentunya tidak terlepas dari peranan masyarakat, termasuk mendaftar sebagai Panwascam didaerah yang masih kurang ini,” katanya.

Yopi menyinggung, apabila pada masa perpanjangan pendaftaran tetap tidak ada yang mendaftar, pihaknya akan melakukan tahapan penerimaan sesuai pedoman yang ada yaitu melanjutkan ketahap seleksi administrasi.

“Harapan kita, jangan sampai ada kecamatan yang kosong pendaftar selama perpanjangan nanti. Ini akan menentukan kualitas Pemilukada nanti,” ujarnya.

jhon munthe

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com