SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Penukaran Uang Pecahan Dimulai 26 Mei

  • Reporter:
  • Senin, 21 Mei 2018 | 08:38
  • Dibaca : 170 kali
Penukaran Uang Pecahan Dimulai 26 Mei
Penukaran Uang Baru Lebaran - sindonews.

BATAM – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Kepri menyiapkan uang tunai senilai Rp3 triliun untuk mengantisipasi lonjakan terhadap uang tunai selama Ramadan dan Idul Fitri.

Kepala KPw Bank Indonesia Kepri Gusti Raizal Eka Putra mencatat dibanding tahun lalu, persediaan uang tunai tersebut meningkat 25 persen.

“Tahun lalu kami menyediakan sekitar Rp2,4 triliun, sedangkan tahun ini kami antisipasi meningkat menjadi Rp3 triliun,” kata Gusti saat Buka Bareng Media di Radisson Hotel & Convention Centre, Minggu (20/5/2018).

Gusti menjelaskan Ramdan dan Idul Fitri pada umumnya terjadi peningkatan kebutuhan uang tunai sebagai dampak dari peningkatan transaksi di masyarakat. Peningkatan dipengaruhi oleh cuti bersama dalam rangka hari besar keagamaan nasional.

Adapun secara nasional mengalami peningkatan 15,3 persen dari Rp163,2 triliun tahun lalu menjadi Rp188,2 triliun tahun ini. “Rata-rata historis nasional selama lima tahun peningkatan outflow periode Ramadhan dan Idul Fitri mencapai 13,9 persen per tahun,” kata Gusti.

Peningkatan kebutuhan uang tunai tersebut diperngaruhi oleh beberapa faktor di antaranya adalah tren pertumbuhan uang kartal dan preferensi perbankan ke pecahan Rp100 ribu. Kemudian adanya penambahan libur dan cuti bersama serta kenaikan tunjangan Hari Raya bagi aparatur sipil negara dan pensiunan.

Di Kepri, BI akan meningkatkan layanan kas kepada stake holder di antaranya adalah membuka layanan penukaran uang kecil melalui BI Jangkau bekerja sama dengan BPD Riau Kepri di Kabupaten Kepulauan Anambas, Natuna dan Lingga. Kemudian juga bekerja sama penukaran dengan perbankan dan pihak lainnya.

“Kami juga akan memperbanyak jumlah titik penukaran uang pecahan kecil melalui kerjasama dengan perbankan untuk memberantas penjualan yang. Di Batam akan ada 37 titik penukaran uang yang akan dilakukan oleh 37 Bank,” jelas Gusti.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com